Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Teams Games Tournament pada kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar / Novrita Winda Priyanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Teams Games Tournament pada kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar / Novrita Winda Priyanty

Priyanty, Novrita Winda (2016) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Teams Games Tournament pada kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar / Novrita Winda Priyanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyanty Novrita Winda.2016.Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Siswa Kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Progam Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widayati M. H. (2) Drs. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran teams games tournament hasil belajar PKn Hasil observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran siswa kelas IV SDN Salamrejo dan wawancara dengan guru diketahui bahwa (1) pembelajaran PKn kurang menarik perhatian siswa (2) guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran siswa merasa kesulitan memahami materi pelajaran dan (4) lebih dari 50% siswa memiliki nilai PKn dibawah nilai KKM. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar dan (2) untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar. Didasari oleh hal tersebut maka diterapkan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keberhasilan kinerja guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pada masing-masing siklus dilakukan langkah (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar yang berjumlah 23 siswa dan peneliti berperan sebagai guru mata pelajaran PKn kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.Terlihat dari persentase aktivitas guru siklus I pertemuan 1 sebesar 72% meningkat pada pertemuan 2 sebesar 80% kemudian meningkat lagi pada siklus II pertemuan 1 sebesar 88% dan terakhir pada pertemuan 2 sebesar 96%. Sedangkan persentase aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 19 5% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 56 5% kemudian meningkat lagi pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74% dan terakhir pada pertemuan 2 meningkat menjadi 91%. Untuk nilai pengetahuan persentase ketuntasan siswa dimulai dari siklus I pertemuan 1 sebesar 61% pada pertemuan 2 menjadi 74% kemudian meningkat lagi pada siklus II pertemuan 1 sebesar 87% dan terakhir pada pertemuan 2 meningkat menjadi 91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keberhasilan aktivitas mengajar guru dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item View Item