Situasi bengkel dan kondisi perakatan praktik pemesinan SMK swasta di wilayah Gerbangkertosusila / Tukiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Situasi bengkel dan kondisi perakatan praktik pemesinan SMK swasta di wilayah Gerbangkertosusila / Tukiman

UNSPECIFIED (2010) Situasi bengkel dan kondisi perakatan praktik pemesinan SMK swasta di wilayah Gerbangkertosusila / Tukiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tukiman. 2009. Situasi Bengkel dan Kondisi Peralatan Praktik Pemesinan SMK Swasta di Wilayah Gerbangkertosusila. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Achmad Tutjik Moechid M.Sc. Ph.D. dan (2) Drs. Imam Muda Nauri ST. MT. Kata kunci situasi bengkel kondisi peralatan praktik pemesinan Situasi bengkel dan kondisi peralatan praktik pemesinan merupakan faktor penting yang mempengaruhi proses pembelajaran di SMK dan sekaligus menjadi tolok ukur dari kualitas lulusannya. SMK diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan cara memperbanyak pengalaman kerja praktik. Oleh karena itu waktu belajar di sekolah dialokasikan sebesar 70% untuk pembelajaran praktik dan sebesar 30% digunakan untuk pembelajaran teori. Namun keterbatasan fasilitas praktik di SMK menjadi hambatan yang serius dalam mewujudkan harapan tersebut sehingga lulusan SMK dinilai oleh banyak pihak masih kurang kompeten. Variabel penelitian ini adalah situasi bengkel jumlah dan kondisi peralatan praktik pemesinan. Maka rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Berapakah rerata persentase situasi bengkel praktik pemesinan dan (2) Berapakah rerata persentase kondisi peralatan praktik pemesinan Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah jawaban dari rumusan masalah tersebut yaitu untuk mengetahui rerata persentase untuk situasi bengkel jumlah dan kondisi peralatan praktik pemesinan SMK swasta di wilayah Gerbangkertosusila. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pejabat yang terkait di pemerintahan daerah pemerintahan provinsi maupun pemerintah pusat sebagai bahan rujukan pada penyusunan program penambahan fasilitas praktik pemesinan untuk SMK. Penelitian ini menggunakan rancangan survei dengan populasi penelitian sebanyak 62 SMK swasta di wilayah Gerbangkertosusila. Pe ngumpulan data di-lakukan dengan cara datang ke setiap bengkel praktik pemesinan yang di survei. Sedangkan instrumen penelitian berbentuk checklist tertutup diisi dengan seksama dan didampingi oleh guru pengajar praktik pemesinan sekolah setempat. Selanjut-nya semua data hasil temuan survei dipilah-pilah dan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Kesimpulannya diketahui bahwa komponen penelitian yang terdiri dari situasi bengkel praktik jumlah dan kondisi peralatan praktik pemesinan masing-masing menunjukkan kurang standar. Secara berurutan nilai rerata persentasenya hanya sebesar 48 2% 50 4% dan 43 9%. Oleh karena itu disarankan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Dinas Pendidikan Provinsi dan Direktorat Pembinaan SMK di Jakarta agar secara bertahap dapat membantu menambah peralatan praktik pemesinan SMK swasta di wilayah populasi tersebut. Selain itu perlu diadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan variabel populasi dan area yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62098

Actions (login required)

View Item View Item