Pengembangan instrumen penilaian interaktif untuk kelas V SD tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia sub tema 5.2 Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / Vindy Widi Astika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian interaktif untuk kelas V SD tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia sub tema 5.2 Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / Vindy Widi Astika

Astika, Vindy Widi (2016) Pengembangan instrumen penilaian interaktif untuk kelas V SD tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia sub tema 5.2 Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / Vindy Widi Astika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astika Vindy Widi. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Interaktif untuk Kelas V SD Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia Subtema 5.2 Indonesiaku Bangsa yang Berbudaya. Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd. (II) Muchtar S.Pd M.Si. Kata kunci pengembangan instrumen penilaian interaktif kelas V SD Penilaian merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru wajib melakukan penilaian. Kegiatan penilaian ini pada umumnya menimbulkan kecemasan pada siswa. Selain itu dibutuhkan waktu untuk mengoreksi hasil belajar siswa sehingga siswa tidak dapat melihat hasilnya dengan segera. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen penilaian interaktif yang memiliki sifat entertainingdan teknik penyekoran yang dapat diketahui secara langsung. Diharapkan dengan adanya instrumen penilaian interaktif ini rasa cemas yang dialami siswa ketika melakukan penilaian akan berkurang. Selain itu diharapkan dapat menimbulkan perasaan senang pada siswa saat mengerjakan soal evaluasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan langkah-langkah penelitian dan pengumpulan informasi perencanaan pengembangan draf produk validasi terhadap produk uji lapangan permulaan revisi produk awal uji lapangan utama dan revisi akhir terhadap produk. Validasi dilakukan kepada enam orang ahli materi (PPKn bahasa Indonesia IPA IPS Matematika dan SBdP) dan satu orang ahli media. Hasil pengembangan ini berupa produk VCD yang berisi Instrumen Penilaian Interaktif Kelas V Semester 2 Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia Subtema 5.2 Indonesiaku Bangsa yang Berbudaya. Hasilpenilaian dari ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 52 9 (96 2% sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan termasuk kategori valid) serta ahli media sebesar 118 (98 3%sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan termasuk kategori valid).Hasil uji coba kepada pengguna (guru) diperoleh skor sebesar 48 (96% sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan memiliki keterterapan) serta terhadap siswa sebesar 675 (100% sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan memiliki keterterapan). Berdasarkan hasil analisis di atas dapat dinyatakan bahwa instrumen penilaian interaktif dinyatakan valid oleh ahli materi media serta dapat diterapkan pada siswa kelas V SD.Untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan produk ini disarankan bagi siswa untuk membaca petunjuk pengguna secara telitiserta apabila di sekolah yang bersangkutan tersedia komputer dengan jumlah kurang memadai maka pemanfaatan instrumen penilaian interaktif ini harus dilakukan secara bergantian atau dibentuk kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item