Peningkatan hasil belajar IPS tentang Perjuangan Melawan Penjajah melalui model Jigsaw di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Dika Astika Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang Perjuangan Melawan Penjajah melalui model Jigsaw di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Dika Astika Anggraini

Anggraini, Dika Astika (2016) Peningkatan hasil belajar IPS tentang Perjuangan Melawan Penjajah melalui model Jigsaw di kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Dika Astika Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Dika Astika. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Model Jigsaw diKelas V SDN Pojok02 KabupatenBlitar. Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.H.HadiMustofa M.Pd (II) Suwarti S.Pd M.Pd Kata kunci peningkatan hasilbelajar ips model jigsaw Hasilobservasipadapembelajaran IPS kelas V SDN Pojok 02KabupatenBlitar diketahuibahwa guru masih menerapkan model konvensional sepertimetodeceramahdanpemberiantugas (2) guru tidakmengunakan media pembelajaran (3) pembelajaran yang dilakukanbelumbisamenarikperhatian siswa (4) siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan (5) guru memberikan pertanyaan yang memerlukan jawaban serentak siswa. Hal tersebutberdampakpadarendahnyahasilbelajarsiswayaknihanya 7 siswa atau 32%siswa tuntas belajar dari 22 siswa.Tujuanpenelitianiniyaitu (1) mendeskripsikanpenerapan model pembelajarankooperatifJigsawpadapembelajaran IPS dan(2) mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS setelahdiajarmenggunakan model Jigsaw PendekatanpenelitianadalahdeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilaksanakanselamaduasiklus dalamsatusiklusterdiridariduapertemuan. Tiapsiklusdilaksanakanmelaluitahapanperencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi.Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi (2) teknikdokumentasi (3) tekniktes (4) catatanlapangan.Subjekpenelitianadalahsiswakelas V. Padapenelitianinipenelitisebagai guru dan guru kelas V sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil skor ranah afektif dan nilai akhir siswa yang merupakan rata-rata dari ranah kognitif dan psikomotor. Nilai akhir siswa pada pratindakan sebesar 62 pada siklus I meningkat menjadi 73 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84. Dengan Ketuntasanbelajarklasikaltahappratindakan 32% siklus I 50% siklus II 86%. Selain itu terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dibuktikandenganpersentaseaktivitas guru padasiklus I sebesar 83 9% meningkat padasiklus II menjadi98 2% dan aktivitassiswapada siklus I sebesar 79% meningkat pada siklus II menjadi 96%. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model Jigsawdapatmeningkatkanaktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasilbelajarsiswayakni19 dari 22siswadapattuntas. Olehkarenaitudisarankanhendaknyapenelitilebihmengembangkan model Jigsawmenjadilebihbaiklagi siswalebihaktifberpikirmandiri guru dapatmenerapkandanmengembangkan model Jigsawpadamatapelajaran lain yang sesuai danbagisekolahdiharapkandapatmenyediakansaranadanprasarana yang dibutuhkanuntukmewujudkanpembelajaran yang inovatifdan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item View Item