Hubungan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas III SD se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Indra Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas III SD se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Indra Cahyani

Cahyani, Indra (2016) Hubungan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas III SD se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Indra Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Indra. 2016. Hubungan Kebiasaan Disiplin di Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd (II) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Disiplin Hasil Belajar Sekolah Dasar Disiplin merupakan salah satu nilai pembangun karakter yang harus diterapkan pada diri siswa. Penerapan disiplin di sekolah dimulai dengan cara mematuhi peraturan yang ada di sekolah karena seorang siswa tidak lepas dari peraturan dan tata tertib sekolah. Penerapan disiplin akan membentuk moral siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan kebiasaan disiplin siswa di sekolah hasil belajar dan hubungan antara kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas III SD Se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Se-gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang yang berjumlah 217 siswa. Sampel yang yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 135 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan korelasi analisis korelasi yang digunakan yaitu dengan rumus korelasi serial. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan (1) skor rata-rata kebiasaan disiplin siswa (X) yaitu 80 yang termasuk dalam kategori tinggi (2) untuk skor rata-rata hasil belajar siswa (Y) yaitu 78 5 yang termasuk dalam kategori baik (3) besarnyar_hitung hubungan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa yaitu 0 3932 sedangkan r_tabel yaitu 0 169 artinya r_hitung lebih besar dari r_tabel (0 3932 0 169) maka Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar siswa kelas III SD Se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Disarankan bagi guru untuk melatih dan mendidik agar siswa berdisiplin di sekolah jika siswa terbiasa disiplin maka akan mempermudah guru dalam mengelola kelas. Orang tua diharapkan untuk melatih dan mendorong putra putrinya untuk berdisplin di sekolah maupun di luar sekolah. Peneliti lain sebaiknya memperluas subyek penelitian menambah kajian teori subvariabel dan indikator serta dalam pengambilan data tidak hanya menggunakan angket tetapi bisa ditambah dengan teknik yang lain agar hasil penelitian lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item