Pengaruh keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kecakapan komunikasi, dan kecakapan kolaborasi terhadap prestasi beajar praktik komputer dan jaringan dasar siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto / Dhaniyar

Dhaniyar (2019) Pengaruh keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kecakapan komunikasi, dan kecakapan kolaborasi terhadap prestasi beajar praktik komputer dan jaringan dasar siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto / Dhaniyar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dhaniyar. 2018. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis, Kreativitas, Kecakapan Komunikasi, dan Kecakapan Kolaborasi terhadap Prestasi Belajar Praktik Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK Kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto. Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kecakapan komunikasi, kecakapan kolaborasi, prestasi belajar praktik. Fokus pendidikan kejuruan di abad ke-21 adalah mempersiapkan siswanya untuk menguasai pengetahuan serta menguasai berbagai bentuk keterampilan, termasuk keterampilan berpikir kritis, kreativitas kecakapan komunikasi dan kecakapan kolaborasi dari berbagai permasalahan agar menjadi pribadi yang sukses. Namun fakta menunjukkan bahwa lulusan dari sekolah menengah kejuruan sangat kurang dalam bidang keterampilan dan pengetahuan yang akan menjadi lebih penting selama lima tahun ke depan antara lain keterampilan komunikasi, berpikir kritis , berkolaborasi dan kreativitas. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan tersebut memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan potensi dan kompetensi profesi yang dituntut oleh dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kecakapan komunikasi, dan kecakapan kolaborasi terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kota dan Kab. Mojokerto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik komputer dan Jaringan dengan jumlah 132 siswa yang tersebar di kota dan kabupaten mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah instrumen baku dari Psycho Center Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama antara keterampilan berpikir kritis, kreatifitas, kecakapan komunikasi, dan kecakapan kolaborasi terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto, yaitu dengan nilai sumbangan sebesar 44,6%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto; (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto; (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecakapan komunikasi terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto; dan (5) terdapat pengaruh signifikan antara kecakapan kolaborasi terhadap prestasi belajar praktik siswa SMK kelas XI TKJ di Kota dan Kabupaten Mojokerto .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62036

Actions (login required)

View Item View Item