Pengembangan pembelajaran matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK) menggunakan blended project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi / Umi Kholifah

Kholifah, Umi (2019) Pengembangan pembelajaran matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK) menggunakan blended project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi / Umi Kholifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholifah, Umi. 2018. Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK) Menggunakan Blended Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Komunikasi, dan Kolaborasi. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T, M.T., (2) Dr. Yoto, S.T., M.M., M.Pd. Kata kunci: Blended Project Based Learning, berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, kolaborasi. Manusia yang hidup pada abad ke-21 dituntut untuk memiliki kecakapan khusus antara lain kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi agar mampu menghadapi persaingan secara global. Beberapa laporan penelitian menunjukkan rendahnya keempat kemampuan tersebut pada generasi muda khususnya mahasiswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan empat kemampuan tersebut adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan abad ke-21 yaitu perpaduan model Blended Learning dan Project Based Learning yang disebut Blended Project Based Learning. Model Blended Project Based Learning diterapkan pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK) menggunakan perangkat pembelajaran online (web learning yang telah dikonfigurasi) dan perangkat pembelajaran offline (Acara Perkuliahan (SAP) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM)). Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan dan menguji efektiftas pembelajaran pada matakuliah KDJK menggunakan Blended Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu sebagai berikut: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik, (3) merumuskan tujuan pembelajaran, (4) melakukan analisis pembelajaran, (5) mengembangkan butir test acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan produk, (8) merancang dan melaksanakan uji coba formatif, (9) revisi produk, dan (10) melaksanakan uji coba sumatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang pada program studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) angkatan 2017 Offering A (kelas kontrol) dan B (kelas eksperimen). Subyek penelitian sebanyak 78 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes (kemampuan berpikir kritis dan kreatif) serta non tes berupa lembar observasi (kemampuan komunikasi dan kolaborasi). Hasil uji coba formatif pada setiap tahapan yaitu validasi ahli media sebesar 87,93%, dan validasi ahli materi sebesar 92,30%. Uji coba sumatif dilakukan dengan rancangan percobaan model true experimental dengan rancangan posttest only control goup design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil keempat kemampuan tersebut pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari data yang diperoleh, disimpulkan bahwa produk pembelajaran pada matakuliah KDJK menggunakan Blended Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi layak dan efektif digunakan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62034

Actions (login required)

View Item View Item