Kontribusi konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar serta dampaknya pada employability skill mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang / Fikha Rizky Aullia

Aullia, Fikha Rizky (2019) Kontribusi konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar serta dampaknya pada employability skill mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang / Fikha Rizky Aullia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Aullia, Fikha Rizky. 2018. Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar serta Dampaknya pada Employability Skills pada Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teniknik Informatika di Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T. (II) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Employability Skills Kualitas pendidikan kejuruan dapat ditingkatkan dengan proses pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar. Konsep diri dan motivasi belajar adalah faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Konsep diri yang rendah mengakibatkan prestasi belajar yang menurun, menyontek saat ujian. Sedangkan motivasi belajar yang rendah mengakibatkan mahasiswa tidak adanya dorongan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar. Prestasi belajar akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan employability skills, terutama setelah mengikuti pembelajaran mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang keterampilan yang dimiliki. Dengan demikian tujuan penelitian adalah (1) mengetahui kontribusi antara konsep diri terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 PTI di UM; (2) mengetahui kontribusi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 PTI di UM; (3) mengetahui kontribusi antara konsep diri terhadap employability skills mahasiswa S1 PTI di UM; (4) mengetahui kontribusi antara motivasi belajar terhadap employability skills mahasiswa S1 PTI di UM; (5) mengetahui kontribusi yang signifikan antara prestasi belajar terhadap employability skills mahasiswa S1 PTI di UM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif karena menggunakan statistik inferensial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 prodi Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 prodi Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014/2015 dengan jumlah 109 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan nilai akhir mahasiswa pada matakuliah multimedia, workshop multimedia, dan KPL.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi antara konsep diri terhadap prestasi belajar sebesar 14,7%; (2) terdapat kontribusi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 8,6%; (3) terdapat kontribusi antara konsep diri terhadap employability skills sebesar 16,4%; (4) terdapat kontribusi antara motivasi belajar terhadap employability skills sebesar 8,9%; dan (5) terdapat kontribusi antara prestasi belajar terhadap employability skills sebesar 3,1%. Dengan demikian, kontribusi konsep diri akan membantu mahasiswa untuk dapat memahami dengan baik kompetensi yang dimilikinya, sehingga berdampak pada cara belajarnya. Kontribusi motivasi belajar akan memudahkan mahasiswa menyelesaikan permasalahan dalam mempelajari pelajaran. Sedangkan kontribusi prestasi belajar berdapat pada employability skills, mahasiswa sebagai calon guru akan dapat dengan mudah menguasai keterampilannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62033

Actions (login required)

View Item View Item