Kontribusi employability skills dan iklim kelas terhadap minat kerja serta dampaknya pada kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota dan Kabupaten Malang / Armanda Prastiyan Pratama

Pratama, Armanda Prastiyan (2019) Kontribusi employability skills dan iklim kelas terhadap minat kerja serta dampaknya pada kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota dan Kabupaten Malang / Armanda Prastiyan Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Pratama, Armanda Prastiyan. 2018. Kontribusi Employability Skills dan Iklim Kelas terhadap Minat Kerja serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota dan Kabupaten Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd., (II) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. Kata kunci: employability skills, iklim kelas, minat kerja, kesiapan kerja Pendidikan kejuruan mempunyai tujuan utama untuk mempersiapkan para siswa agar dapat membekali dirinya di era perkembangan industri dan teknologi yang cepat. Pendidikan kejuruan dituntut untuk dapat merubah pandangan pendidikan yang dimiliki dengan tidak sekedar mendidik dan melatih siswa agar mampu menguasai suatu keterampilan, tetapi juga menyiapkan peserta didik untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, memiliki komitmen perilaku yang baik, serta dapat hidup berdampingan secara mulkultur. Belum cukupnya kompetensi yang dimiliki, merupakan salah satu penyebab banyaknya lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan. Untuk dapat diterima di dunia kerja, lulusan SMK perlu memiliki kompetensi keahlian yang baik sebagai syarat utama. Siswa SMK diharapkan mempunyai kesiapan untuk masuk di dalam dunia kerja dengan pembekalan yang diberikan di SMK, termasuk memiliki kematangan dalam employability skills. Employability skills merupakan sejumlah keterampilan diterapkan untuk beraktifitas di tempat kerja dan dapat ditransfer pada berbagai bidang dan profesi. Tidak hanya employability skills, iklim kelas juga memiliki peluang untuk dapat memberikan pengaruh pada siswa terhadap minat kerja dan juga kesiapan kerjanya. Penelitian ini dirancang dengan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur untuk mengidentifikasi kontribusi yang diberikan oleh variabel: (1) employability skills terhadap minat kerja; (2) iklim kelas terhadap minat kerja; (3) employability skills dan iklim kelas terhadap minat kerja; (4) employability skills terhadap kesiapan kerja; (5) iklim kelas terhadap kesiapan kerja; (6) minat kerja terhadap kesiapan kerja; (7) employability skills, iklim kelas, dan minat kerja terhadap kesiapan kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrumen angket dan observasi. Populasi dari penelitian ini berjumlah 571 siswa, sedangkan 235 siswa yang diambil dari populasi bertindak sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) employability skills tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat kerja; (2) iklim kelas berkontribusi terhadap minat kerja; (3) employability skills dan iklim kelas secara simultan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap minat kerja; (4) employability skills memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja; (5) iklim kelas memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja; (6) minat kerja memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja; dan (7) employability skills, iklim kelas, dan minat kerja secara simultan memberikan kontribusi terhadap kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62032

Actions (login required)

View Item View Item