Evaluasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dengan model Context Input Process Product (CIPP) / Muhammad Rizki Irwanto

Irwanto, Muhammad Rizki (2019) Evaluasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dengan model Context Input Process Product (CIPP) / Muhammad Rizki Irwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Irwanto, Muhammad Rizki. 2018. Evaluasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK Kota Probolinggo Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dengan Model Context Input Process Product (CIPP). Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T, (II) Dr. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi, Prakerin, CIPP SMK merupakan salah satu penyelenggara pendidikan formal yang berbasis kompetensi yang diharapkan mampu memenuhi keahlian yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri. SMK di Indonesia telah menjadi sasaran kritik yang substansial bagi kurangnya keterampilan yang memadai dan pengetahuan lulusan yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk menunjang tujuan dan membantu kekurangan yang dimiliki SMK, maka diterapkan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang salah satunya adalah Program Praktik Kerja Industri (Prakerin). Prakerin merupakan model pelatihan yang diselenggarakan di lapangan, bertujuan untuk memberikan kecakapan yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu sesuai dengan tuntutan kemampuan bagi pekerjaan. Namun dalam pelaksanaannya masih mengalami banyak hambatan dan masih belum sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Perlu adanya evaluasi dalam pelaksanaan prakerin di SMK agar pelaksanaan prakerin nantinya dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanan praktek kerja industri di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak menggunakan model evaluasi CIPP. Aspek yang dievaluasi terdiri dari (1) evaluasi konteks meliputi tujuan prakerin, kurikulum prakerin, kebutuhan prakerin; (2) evaluasi input meliputi pembekalan prakerin, kualifikasi guru dan siswa, sarana dan prasarana serta materi pembelajaran; (3) evaluasi proses meliputi waktu pelaksanaan prakerin, bimbingan dan monitoring serta kegiatan siswa; (4) evaluasi produk meliputi manfaat prakerin, hasil dan penilaian. Populasi penelitian ini adalah SMK Kompetensi Keahlian rekayasa perangkat lunak di Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Selain itu dilakukan pula analisis faktor pada faktor konteks, input dan proses terhadap faktor produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanan praktek kerja industri di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dari segi context berada di kategori baik. Pada pelaksanan praktek kerja industri di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dari segi input berada pada kategori baik. Pada pelaksanan praktek kerja industri di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dari segi process berada pada kategori cukup baik. Sedangkan pada pelaksanan praktek kerja industri di SMK Kota Probolinggo kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak dari segi product berada pada kategori cukup baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlu perbaikan pada pelaksanaan prakerin SMK Kota Probolinggo dari segi process dan product.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62031

Actions (login required)

View Item View Item