Hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru serta supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur / M. Nuzuluddin

Nuzuluddin, M. (2019) Hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru serta supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur / M. Nuzuluddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzuluddin, M. 2018. Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Professional Guru serta Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Univarsitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd., (II) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Supervisi, Kinerja Guru Peningkatan kinerja guru akan berpengaruh pada peningkatan kualitas output SDM yang dihasilkan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan peneliti disimpulkan bahwa kinerja guru SMK Negeri di kabupaten Lombok Timur diduga masih belum optimal. Hal ini terjadi karena diantaranya masih ada guru yang belum merasa membutuhkan dalam menyusun program semester maupun program tahunan dan keberangkatan serta kepulangan guru tidak sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan. Selain itu ditemukan guru yang mengajar dibidang produktif hanya sebatas modal pengalaman dan Kurang optimalnya penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) hubungan secara langsung antara kompetensi pedagogik guru dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur; (2) hubungan secara langsung antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur; (3) hubungan secara langsung antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur; (4) hubungan secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik guru dengan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur; (5) hubungan secara tidak langsung antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur; (6) hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru serta supervisi kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan korelasional (correlation design). Populasi penelitian adalah seluruh guru yang mengajar pada SMK Negeri di Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 358 orang. Teknik sampling pada penelitian ini adalah cluster random sampling, dengan menggunkan rumus Slovin jumlah sampel penelitian adalah 189 orang. Data kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di dapatkan dari nilai UKG tahun 2018, sedangkan data supervisi kepala sekolah dan kinerja guru didapatkan dari skor pada angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan secara langsung yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kinerja guru besarnya sumbangan efektif adalah 7,66% kepada kinerja guru; (2) terdapat hubungan secara langsung yang signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru, besarnya sumbangan efektif adalah 4,85% kepada kinerja guru; (3) terdapat hubungan secara langsung yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru, besarnya sumbangan efektifnya adalah 5,02% kepada kinerja guru; (4) tidak terdapat hubungangan secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah; (5) tidak terdapat hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah; (6) terdapat hubungan secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru serta supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru besarnya sumbangan efektifnya adalah 17,5% sementara sisanya sebesar 82,5% adalah pengaruh dari variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan untuk nilai epsilon atau penganggu sebesar 0,91. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi guru agar mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya dalam upaya peningkatan kinerja guru. Hal ini dapat dilakukan dengan terus mengikuti diskusi masalah pendidikan, seminar, workshop, penelitian dan pembuatan buku atau bahan ajar serta pembuatan karya teknologi dan seni. Dalam meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah juga hendaknya melakukan supervisi secara teratur dan berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62030

Actions (login required)

View Item View Item