Kontribusi pembelajaran konstruktivisme dan kinerja guru melalui penerapan teaching factory terhadap nilai-nilai kewirausahaan pada kompetensi keahlian tata busana SMK Negeri 3 Malang / Kardina Sidni Arfiyanti

Arfiyanti, Kardina Sidni (2018) Kontribusi pembelajaran konstruktivisme dan kinerja guru melalui penerapan teaching factory terhadap nilai-nilai kewirausahaan pada kompetensi keahlian tata busana SMK Negeri 3 Malang / Kardina Sidni Arfiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arfiyanti, Kardina Sidni. 2018. Kontribusi Pembelajaran Konstruktivisme dan Kinerja guru Melalui Penerapan Teaching Factory Terhadap Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Keahlian Kompetensi Tata Busana SMK Negeri 3 Malang Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ahmad Dardiri M.Pd. (II) Dr. Amat Nyoto M.Pd. Kata kunci: Nilai Kewirausahaan, Teaching Factory, Kinerja Guru, Konstruktivisme Tantangan yang dihadapi Sekolah Menengah Kejuruan untuk menghadapi era globalisasi semakin besar. Oleh sebab itu, dari pihak sekolah dan kesadaran masing-masing guru selalu berusaha memahami tantangan dan masalah yang akan dihadapi oleh para siswa. Agar lulusan program keahlian Tata Busana menjadi seseorang yang secara utuh, lengkap dan pintar dalam menghadapi situasi lingkungan kerja yang semakin kompetitif, maka perlu model pembelajaran yang bisa meningkatkan skill siswa. Salah satu model tersebut adalah model Teaching Factory, yaitu proses pembelajaran yang bisa mengasah ketrampilan dan pengetahuan siswa sehingga diharapkan siswa akan siap untuk memasuki dunia industri atau menjadi seorang wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran konstruktivisme, kinerja guru, dan teaching factory terhadap peningkatan nilai-nilai kewirausahaan siswa SMK Negeri Malang program keahlian Tata Busana. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Malang program keahlian Tata Busana dengan jumlah 209 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 148 siswa. Pengumpulan data untuk pembelajaran konstruktivisme, kinerja guru, teaching factory dan nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan pengisian angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Sebelum melakukan analisis tersebut, dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu, untuk mendapatkan data yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalur signifikan sehingga hipotesis alternatif (H1) yang diajukan dinyatakan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Besarnya kontribusi pembelajaran konstruktivisme dan kinerja guru secara simultan terhadap teaching factory di SMK Negeri 3 Malang sebesar 31,6% dan (2) Besarnya kontribusi pembelajaran konstruktivisme, kinerja guru dan teaching factory secara simultan terhadap nilai-nilai kewirausahaan di SMK Negeri 3 Malang sebesar 25,1%. Saran dari penelitian ini adalah Program Keahilan Tata Busana yang di kota Malang bisa ikut memulai mengadakan model pembelajaran Teaching factory bagi para siswa. Karena model pembelajaran ini sangat penting bagi para siswa untuk memasuki dunia industri atau menjadi wirausaha. iv

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62029

Actions (login required)

View Item View Item