Zamara, Sulu Basthiyan (2018) Kontribusi ketersediaan sarana dan prasarana, employability skills, praktik industri dan kajian praktik lapangan terhadap hasil belajar serta dampaknya pada kesiapan kerja mahasiswa Prodi PTI Universitas Negeri Malang / Sulu Basthiyan Zamara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Zamara Sulu Basthiyan. 2018. Kontribusi Ketersediaan Sarana dan Prasarana Employability Skills Praktik Industri dan Kajian Praktik Lapangan terhadap Hasil Belajar serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Mahasiswa Prodi PTI Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Agus Sudjimat M.Pd. (II) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Kata kunci Ketersediaan Sarana dan Prasarana Employability Skills Praktik Industri Kajian Praktik Lapangan Hasil Belajar Kesiapan Kerja. Terdapat banyak faktor yang dapat menjadi penentu keberhasilan pendidikan di manapun adanya termasuk di negara kita dan faktor yang paling sentral menurut pendapat penulis adalah guru. Tinggi rendahnya kualitas guru atau pendidik dipastikan akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap tinggi rendahnya mutu pendidikan yang dihasilkan. Terjadinya kondisi tersebut kiranya tidak akan terlepas dari keberadaan lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki perananan sebagai pencetak guru atau pendidik yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah sudah siap memasuki dunia kerja atau belum. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja adalah ketersediaan sarana prasarana employability skills praktik industri dan kajian praktik lapangan serta hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi ketersediaan sarana prasarana (X1) employability skills (X2) dan praktik industri (X3) dan kajian praktik lapangan (X4) terhadap hasil belajar mahasiswa (Y) serta dampaknya pada kesiapan kerja (Z). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh mata kuliah Praktek Industri (PI) dan Kajian Praktek Lapangan (KPL). Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket. Sampel penelitian sebanyak 135 responden ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa ada kontribusi yang signifikan ketersediaan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar ada kontribusi yang signifikan employability skills terhadap hasil belajar ada kontribusi yang signifikan praktik industri terhadap hasil belajar ada kontribusi yang signifikan kajian praktik lapangan terhadap hasil belajar dan ada kontribusi yang signifikan ketersediaan sarana dan prasarana employability skills praktik industri kajian praktik lapangan terhadap hasil belajar. Ada kontribusi yang signifikan ketersediaan sarana dan prasarana terhadap kesiapan kerja ada kontribusi yang signifikan employability skills terhadap kesiapan kerja ada kontribusi yang signifikan praktik industri terhadap kesiapan kerja ada kontribusi yang signifikan kajian praktik lapangan terhadap kesiapan kerja ada kontribusi yang signifikan hasil belajar terhadap kesiapan kerja dan ada kontribusi yang signifikan ketersediaan sarana dan prasarana employability skills praktik industri kajian praktik lapangan dan hasil belajar terhadap kesiapan kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62026 |
Actions (login required)
View Item |