Evaluasi pelaksanaan program pelatihan kerja kejuruan teknologi informasi dan komunikasi dengan metode CIPP di Unit Pelatihan Kerja Singosari / Roshina Hila Dini - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan program pelatihan kerja kejuruan teknologi informasi dan komunikasi dengan metode CIPP di Unit Pelatihan Kerja Singosari / Roshina Hila Dini

Dini, Roshina Hila (2018) Evaluasi pelaksanaan program pelatihan kerja kejuruan teknologi informasi dan komunikasi dengan metode CIPP di Unit Pelatihan Kerja Singosari / Roshina Hila Dini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dini Roshina Hila. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kerja Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Metode CIPP di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Singosari. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Dardiri M.Pd. (II) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. Kata kunci evaluasi pelatihan kerja CIPP Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam pembangunan nasional saat ini. Upaya tersebut dapat diwujudkan antara lain melalui pelatihan kerja. Pelatihan Kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi memperoleh meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja produktivitas disiplin dan sikap kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Tingkat pengangguran yang tinggi di Malang Raya salah satunya juga disebabkan karena kurangnya kompetensi tenaga kerja. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan meningkatkan kompetensi tenaga kerja adalah melalui program pelatihan kerja di UPT Pelatihan Kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keterlaksanaan program pelatihan kerja kejuruan TIK di UPT Pelatihan Kerja Singosari dari segi konteks input proses dan produknya serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya dan rekomendasi perbaikan program selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode CIPP. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan instruktur dan tenaga kepelatihan. Jumlah populasi tidak mencapai 100 sehingga digunakan sampel jenuh yaitu 32 orang peserta pelatihan kerja kejuruan TIK 2 orang instruktur kejuruan TIK 2 orang asisten instruktur kejuruan TIK dan 8 orang tenaga kepelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan kerja kejuruan TIK di UPT Pelatihan Kerja Singosari dilihat dari segi konteks termasuk dalam kategori cukup baik dari segi input termasuk dalam kategori cukup baik dari segi proses termasuk dalam kategori cukup baik dan dari segi produk termasuk dalam kategori baik. Rekomendasi dari temuan hasil evaluasi antara lain (1) dari aspek konteks (a) tujuan pelaksanaan PBK sebaiknya disusun sesuai dengan perkembangan zaman dan mampu menjawab kebutuhan industri (b) kesesuaian tujuan dengan latar belakang untuk menjawab permasalahan akan menunjang keberhasilan pelaksanaan program (2) dari aspek input (a) mengutamakan peserta pelatihan dengan minat dan motivasi belajar yang tinggi (b) peningkatan jumlah instruktur (c) peningkatan sarana dan prasarana (3) dari aspek proses (a) peningkatan kelengkapan administrasi persiapan PBK (b) perbaikan website sebagai sarana penyebaran informasi (c) penyusunan jadwal pelatihan sebaiknya dibuat dalam satu hari ada dua kompetensi yang diajarkan dalam pelatihan agar peserta tidak mudah bosan (d) persiapan kelengkapan fasilitas (e) instruktur dapat mengkombinasikan berbagai pendekatan sehingga tidak monoton (f) dalam pelaksanaan pelatihan instruktur diharapkan dapat melakukan tahapan-tahapan pendahuluan penyajian aplikasi dan penilaian dengan baik dan (4) dari aspek produk (a) diharapkan nilai dapat dipetakan menjadi nilai sikap pengetahuan dan keterampilan (b) persiapan yang matang sebelum ujian kompetensi sehingga tidak ada yang mengulang atau tidak kompeten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62025

Actions (login required)

View Item View Item