Keterampilan kerja tukang bangunan pada pelaksanaan proyek konstruksi / Muslimatul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan kerja tukang bangunan pada pelaksanaan proyek konstruksi / Muslimatul Mufida

Mufida, Muslimatul (2018) Keterampilan kerja tukang bangunan pada pelaksanaan proyek konstruksi / Muslimatul Mufida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Mufida Muslimatul. 2018. Keterampilan Kerja Tukang Bangunan pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. M.M. Kata kunci keterampilan kerja tukang bangunan proyek konstruksi. Pelayanan jasa konstruksi di Indonesia saat ini masih belum mencapai mutu konstruksi yang baik. Hal ini disebabkan sumber daya manusia (SDM) dan standarisasi Indonesia masih belum mampu bersaing dengan Negara di ASEAN. Kompetensi tukang sampai saat ini nampaknya kebanyakan baru dapat ditunjukan secara realitas dan belum dapat ditunjukan secara legalitas dan secara akademik. Kompetensi tukang secara realitas ini dapat ditunjukan dengan kinerja mereka di lapangan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kuantitatif Data penelitian ini didapatkan dari pengisian lembar observasi keterampilan kerja tukang yang dibantu oleh mandor maupun pengawas langsung di lapangan. Lembar observasi yang digunakan telah diuji coba sebelum digunakan langsung dilapangan. Penelitian ini dilakukan pada 20 proyek bangunan gedung sederhana di Malang Raya yang dipilih secara purposive dengan jumlah tukang bangunan 112 tukang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum keterampilan kerja tukang bangunan pada pelaksanaan proyek konstruksi yaitu baik. Hal ini dapat diperinci yaitu 1) Keterampilan kerja tukang pada pekerjaan pondasi rata-rata baik dengan rincian 12 5% berketerampilan sangat baik dan 87 5% berketerampilan baik. Jumlah responden dengan nilai sama dengan atau di atas rata-rata 51 79% dan dibawah rata-rata 48 21% 2) Keterampilan kerja tukang pada pekerjaan pemasangan bata rata-rata baik dengan rincian 13 4% berketerampilan sangat baik 83 9% berketerampilan baik dan 2 7% berketerampilan cukup baik. Jumlah responden dengan nilai sama dengan atau diatas rata-rata 53 57% dan dibawah rata-rata 46 43% 3) Keterampilan kerja tukang pada pekerjaan pemasangan atap rata-rata baik dengan rincian 9 82% berketerampilan sangat baik dan 90 18% berketerampilan baik. Jumlah responden dengan nilai sama dengan atau di atas rata-rata 60 71% dan di bawah rata-rata 39 29% 4) Keterampilan kerja tukang pada pekerjaan plesteran rata-rata baik dengan rincian 15 18% berketerampilan sangat baik dan 84 82% berketerampilan baik. Jumlah responden dengan nilai sama dengan atau di atas rata-rata 57 14% dan di bawah rata-rata 42 86% 5) Keterampilan kerja tukang pada pekerjaan penutup lantai rata-rata baik dengan rincian 16 07% berketerampilan sangat baik dan 83 93% berketerampilan baik. Jumlah responden dengan nilai sama dengan atau di atas rata-rata 56 25% dan di bawah rata-rata 43 75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62024

Actions (login required)

View Item View Item