Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan / Fatkhur Rochman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan / Fatkhur Rochman

Rochman, Fatkhur (2018) Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan / Fatkhur Rochman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rochman Fatkhur. 2018. Kontribusi Pemanfaatan Fasilitas Praktik di Sekolah Pembimbingan Prakerin Pelaksanaan Prakerin terhadap Hasil Belajar Produktif dan Kesiapan Kerja Siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan.Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd. (II)Prof. Dr. Waras M.Pd. Kata kunci pemanfaatan fasilitas praktik sekolah pembimbingan prakerin pelaksanaan prakerin hasil belajar produktif kesiapan kerja Misi utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk mempersiapkan siswa sebagai calon tenaga kerja yang memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Keberadaan SMK dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu kebutuhan tenaga kerja. Sehingga siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan keterampilandan sikap professional dalam bidangnya.Salah satu indikator kesiapan kerja dapat diperoleh siswa berupa hasil belajar produktif dari pembelajaran formal yang dilengkapi fasilitas praktik yang memadai dan pemanfaatan yang optimal serta dari pengalaman praktek kerja industri (prakerin) yang berupa pembimbingandan pelaksanaan prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah pembimbingan prakerin pelaksanaan praktikterhadap hasil belajar produktifdan kesiapan kerja siswa SMK program keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dirancang dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK TKJ kelas XI program keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan dengan jumlah 294 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random samplingdengan sampel yang diperoleh sebanyak 170 siswa.Pengumpulan data untuk pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah pembimbingan prakerin pelaksanaan prakerin dan kesiapan kerja dilakukan dengan angket sedangkan untuk variabel hasil belajar produktif dilakukan dengan dokumentasi nilai. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) denganmodel persamaan struktural.Sebelum melakukan analisis tersebut maka perlu dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalur signifikansehingga hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan pemanfaatan fasilitas praktik di sekolah pembimbingan prakerin dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif siswa SMK program keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan dengan kontribusi sebesar 24 7% dan (2) Terdapat kontribusi yang signifikan secara simultanpemanfaatan fasilitas praktik di sekolah pembimbingan prakerin pelaksanaan prakerin dan hasil belajar produktif terhadap kesiapan kerja siswa SMK program keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan dengan kontribusi sebesar 42 4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62023

Actions (login required)

View Item View Item