Kontribusi pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 mahasiswa Teknik Informatika se Malang / Rahmat Irsyada

Irsyada, Rahmat (2018) Kontribusi pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 mahasiswa Teknik Informatika se Malang / Rahmat Irsyada. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irsyada, Rahmat. 2018. Kontribusi Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd (II) Dr. R.M Sugandi, S.T., M.T. Kata Kunci: pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, self efficacy, kesiapan berwirausaha, revolusi industri 4.0 Pendidikan vokasi menjadi sebuah pilar utama dalam pengembangan dan penyediaan tenaga terampil (skilled worker). Teknologi baru dengan memanfaatkan internet menjadi titik strategis pada proses revolusi industri saat ini. Akan tetapi bisa dilihat pada kenyataannya jumlah pengangguran terbuka dari tingkat perguruan tinggi sampai saat ini sebesar 12%. Dari besarnya angka pengangguran tingkat perguruan tinggi disebabkan karena rendahnya kesiapan berwirausaha yang dimiliki oleh tiap-tiap individu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 mahasiswa Teknik Informatika se-Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif yang menggunakan tiga variabel bebas yaitu pemahaman berwirausaha, minat berwirausaha, self efficacy, dan satu variabel terikat yaitu kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0. Sampel penelitian ini mencakup mahasiswa vokasi D3/D4 program studi Teknik Informatika se-Malang dengan jumlah total sampel sebesar 261 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi negeri dan swasta yang sudah menempuh matakuliah kewirausahaan. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan didapatkan kesimpulan yaitu : (1) pemahaman kewirausahaan, minat berwirausaha, dan self efficacy memiliki kontribusi secara simultan dan signifikan sebesar 68,4%; (2) pemahaman kewirausahaan memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 2,48% ; (3) minat berwirausaha memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 8,89% ; (4) self efficacy memiliki kontribusi secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha di era revolusi industri 4.0 sebesar 57,03%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62022

Actions (login required)

View Item View Item