Penerapan Life Based Learning (LBL) pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar terhadap Kapabilitas Siswa di SMK PGRI Wlingi / Jalu Febry Kesumaninggalih

Kesumaninggalih, Jalu Febry (2018) Penerapan Life Based Learning (LBL) pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar terhadap Kapabilitas Siswa di SMK PGRI Wlingi / Jalu Febry Kesumaninggalih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kesumaninggalih, Jalu Febry. 2018. Penerapan Life Based Learning (LBL) pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar terhadap Kapabilitas Siswa di SMK PGRI Wlingi. Proposal Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Dr. Andoko, S.T., M.T. Kata kunci: life based learning, kapabilitas, SMK Proses pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI Wlingi masih belum berhasil membekali kemampuan untuk menghadapi banyaknya persaingan, kondisi yang semakin kompleks, tidak menentu, dan kontradiktif. Sehingga lulusan masih banyak yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Maka perlu solusi pembelajaran untuk mengembangkan kapabilitas siswa. Kapabilitas merupakan kemamapuan yang penting dimiliki siswa untuk mengembangkan kemampuannya dan dapat mewujudkan kemampuannya dalam bekerja serta mengetahui kelemahannya dan cara mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan temuan empiris tentang: (1) pengembangan kapabilitas melalui life based learning (LBL), (2) mengungkap perbedaan kapabilitas akibat penerapan life based learning (LBL) dan model konvensional. Metode penelitian yang dilakukan adalah mixed methods dengan menggunakan jenis desain concurrent embedded design. Metode primer yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metode sekunder adalah kualitatif. Metode kuantitatif yang digunakan adalah metode true experiment dengan desain posttestonly control design. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Sedangkan metode kualitatif yang digunakan adalah metode deskriptif. Data hasil dari tiap metode dianalisis terpisah terlebih dahulu selanjutnya di kombinasikan untuk menghasilkan kesimpulan penelitian yang kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan kapabilitas melalui LBL memiliki pengaruh, hasil observasi aktivitas belajar siswa berada dalam kategori baik dan analisis deskriptif dalam kategori sedang menuju tinggi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kapabilitas siswa akibat penerapan LBL dengan model konvensional, kapabilitas LBL secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan kapabilitas siswa pembelajaran pemrograman dasar yang paling cocok adalah dengan penerapan LBL. Karena dalam LBL terjadi pergeseran pembelajaran yang meliputi orientasi pada lingkungan, peserta didik menjadi manusia seutuhnya dan penerapan strength based approach. Saran dari peneliti untuk: (1) peneliti selanjutnya hendaknya dapat meneliti penerapan LBL yang diintegrasikan ke dalam kurikulum, (2) siswa agar dapat mengeksplor lebih luas aspek kehidupan, (3) guru dapat membaca aspekaspek kehidupan dan karakteristik siswa dalam penerapan LBL, dan (4) sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam penerapan LBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62021

Actions (login required)

View Item View Item