Kontribusi kompetensi perakitan komputer, pengalaman PRAKERIN terhadap minat kerja serta dampaknya kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer bagi siswa TKJ di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan / Muqodimah Nur Lestari

Lestari, Muqodimah Nur (2018) Kontribusi kompetensi perakitan komputer, pengalaman PRAKERIN terhadap minat kerja serta dampaknya kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer bagi siswa TKJ di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan / Muqodimah Nur Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari. Muqodimah Nur, 2017. Kontribusi Kompetensi Perakitan Komputer, Pengalaman Prakerin terhadap Minat Kerja serta Dampaknya Kesiapan Kerja Siswa di bidang Teknisi Komputer bagi Siswa TKJ di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan.Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, M.T, (II) Dr. Tuwoso, M.P. Kata kunci: Kompetensi Perakitan Komputer, Prakerin, Minat Kerja, Kesiapan Kerja Kesiapan kerja siswa merupakan usaha mempersiapkan siswa untuk siap kerja. Salah satu indikator kesiapan kerja siswa lulusan TKJ di bidang teknisi komputer, dapat dilihat dari pencapaian kompetensi perakitan komputer, pengalaman prakerin, dan minat kerja siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kompetensi perakitan komputer, pengalaman prakerin terhadap minat kerja serta dampaknya kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer bagi siswa TKJ di SMK negeri se-Kabupaten Pasuruan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 474 siswa, sedangkan sampel berjumlah 216 siswa kelas XII paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling. Metode pengumpulan data untuk variabel pengalaman prakerin, minat kerja dan kesiapan kerja, dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, sedangkan untuk variabel pencapaian kompetensi perakitan komputer dengan menggunakan dokumentasi nilai. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi perakitan komputer, pengalaman prakerin terhadap minat kerja siswa sebesar 56,3%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi perakitan komputer terhadap minat kerja siswa sebesar 40,86%; (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara pengalaman prakerin terhadap minat kerja siswa sebesar 15,43%; (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi perakitan komputer, pengalaman prakerin, minat kerja terhadap kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer sebesar 60,7%; (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi perakitan komputer terhadap kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer sebesar 25,49%; (6) terdapat kontribusi yang signifikan antara pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer sebesar 11,87%; (7) terdapat kontribusi yang signifikan antara minat kerja terhadap kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer sebesar 23,33%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi perakitan komputer, pengalaman prakerin, minat kerja terhadap kesiapan kerja siswa di bidang teknisi komputer bagi siswa TKJ di SMK Negeri Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62020

Actions (login required)

View Item View Item