Program intervensi promosi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam aplikasi Galler and Health Belief Models di SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan se-kabupaten Malang / Didik Hermanto

Hermanto, Didik (2018) Program intervensi promosi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam aplikasi Galler and Health Belief Models di SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan se-kabupaten Malang / Didik Hermanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hermanto, Didik. 2018. Program Intervensi Promosi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Aplikasi Galler and Health Belief Models di SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Se-Kabupaten Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M.Pd., (2) Dr. Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Program Intervensi, Promosi Budaya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Health Belief Models Perilaku sadar diri akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan perilaku penting dalam kegiatan operasional perusahaan dan merupakan perilaku yang berfokus kepada penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Angka kecelakaan kerja setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga 5%. Dunia kerja sekarang ini dipenuhi oleh tenaga kerja lulusan SMK. Tenaga kerja SMK harus memiliki budaya dan pemahaman yang mendalam terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja agar mampu meminimalisir kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program intervensi promosi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam aplikasi Galler and Health Belief Models di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara kelas dengan pelakuan dan tanpa pelakuan yang diberi program intervensi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam aplikasi Galler and Health Belief Models di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah SMK Se-Kabupaten Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 264 siswa, yang terdiri dari (1) SMKN 1 Kepanjen 75 siswa; (2) SMKN 1 Gedangan 50 siswa; (3) SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen 75 siswa; dan (4) SMK PGRI Singosari 64 siswa. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelompok eksperimen/intervensi menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata post test kelompok eksperiman sebesar 89.14, sedangkan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 82.27. Berdasarkan nilai hitung yang diperoleh tingkat signifikasi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil signifikasi di atas sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) antara siswa SMK yang diberikan program intervensi promosi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dan yang tidak diberikan program intervensi promosi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam aplikasi Galler and Health Belief Models di SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Se-Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62018

Actions (login required)

View Item View Item