Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja / Wayan Mahardika Prasetya Wiratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja / Wayan Mahardika Prasetya Wiratama

Wiratama, Wayan Mahardika Prasetya (2018) Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja / Wayan Mahardika Prasetya Wiratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahardika Wayan. 2018. Pengembangan Perangkat Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuwoso M.P. (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Perangkat pembelajaran Model kooperatif tipe quick on the draw. Rendahnya aktivitas belajar siswa saat mengikuti pembelajaran menjadi kendala utama untuk terciptanya proses belajar mengajar yang aktif. Selain itu siswa yang kurang terbiasa untuk belajar mandiri berdampak pada proses belajar mengajar yang kurang efektif. Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran akan berdampak pada hasil belajarnya. Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran kooperatif diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah yang terjadi dimana pembelajaran ini melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Quick on the draw merupakan pembelajaran kooperatif yang mempunyai tujuan membiasakan siswa belajar pada sumber bukan pada guru. Kegiatan ini memberikan pengalaman kepada siswa yang didorong dengan kecepatan aktivitas. Penelitian dan pengembangan ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dan menguji kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk tersebut serta bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus RPP dan handout yang menyesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Singaraja. Kelas yang digunakan untuk uji coba perangkat pembelajaran adalah kelas X TITL-1. Subyek penelitian adalah guru dan siswa sebanyak 35 orang. Kevalidan perangkat pembelajaran didapat dari penilaian validator dimana silabus memperoleh persentase skor 84 9% RPP memperoleh persentase skor 89 7% handout memperoleh persentase skor 80 6%. Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan analisis dari penilaian observer pada lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran yaitu 80 4% berada pada kategori baik dan lembar observasi aktivitas guru yaitu 80 8% berada pada kategori aktif. Keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan pada tiga kriteria yaitu aktivitas siswa sebesar 87 5% berada pada kategori sangat aktif ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% dan respon kelas pada kisaran 3 2 dimana rata-rata respon keseluruhan adalah positif. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah dalam kualitas yang baik dengan dipenuhinya kriteria kevalidam kepraktisan dan keefektifan sehingga pengembangan perangkat pembelajaran ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi guru pada materi daya dan energi listrik kelas X TITL-1 SMK Negeri 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62016

Actions (login required)

View Item View Item