Rizky, Dyah Ayu Fladya (2018) Pengaruh pola pembelajaran, dukungan industri, dan keterlibatan dalam manajemen unit produksi & jasa terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory di SMK / Dyah Ayu Fladya Rizky. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizky Dyah Ayu Fladya. 2018. Pengaruh Pola Pembelajaran Dukungan Industri dan Keterlibatan dalam Manajemen Unit Produksi Jasa terhadap Keberhasilan Siswa dalam Mengikuti Program Teaching Factory di SMK. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marji M.Kes. (II) Dr. Tuwoso M.P. Kata kunci pola pembelajaran dukungan industri manajemen unit produksi jasa teaching factory. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan yang dirancang untuk menyiapkan lulusan yang berkompeten serta memiliki daya saing kerja yang tinggi. Namun kenyataannya pengangguran lulusan SMK menempati tempat tinggi dibandingkan jenjang pendidikan yang lain. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan teaching factory. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teaching factory berdampak positif dan efisien dalam menciptakan lulusan yang berkualitas sehingga dapat mengurangi pengangguran lulusan SMK. Keberhasilan teaching factory dipengaruhi oleh beberapa faktor dimana beberapa diantaranya akan diuji dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pola pembelajaran dukungan industri dan keterlibatan dalam manajemen unit produksi jasa terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian ini adalah SMK yang menjalankan teaching factory pada program keahlian teknik komputer dan informatika di Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik komputer dan informatika SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dan SMK AN Nur Bululawang dengan jumlah 112 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut (1) ada pengaruh pola pembelajaran dukungan industri dan keterlibatan dalam manajemen UPJ secara simultan terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory yaitu dengan nilai sumbangan sebesar 65 6% (2) ada pengaruh pola pembelajaran terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory (3) ada pengaruh dukungan industri terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory (4) ada pengaruh keterlibatan dalam manajemen unit produksi jasa terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti program teaching factory. Variabel yang memiliki pengaruh tertinggi adalah keterlibatan dalam manajemen unit produksi jasa yaitu dengan sumbangan sebesar 32 4%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62015 |
Actions (login required)
View Item |