Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK Program Keahlian Tata Boga melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dengan model evaluasi CIPP di SMKN 3 Malang / Nurul Farikhatir Rizkiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK Program Keahlian Tata Boga melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dengan model evaluasi CIPP di SMKN 3 Malang / Nurul Farikhatir Rizkiyah

Rizkiyah, Nurul Farikhatir (2018) Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK Program Keahlian Tata Boga melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dengan model evaluasi CIPP di SMKN 3 Malang / Nurul Farikhatir Rizkiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizkiyah Nurul Farikhatir. 2018. Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga Melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Dengan Model Evaluasi CIPP di SMK N 3 Malang . Tesis Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P. (II) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo M.Si. Kata Kunci Uji Sertifikasi Kompetensi Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) P1 Model Evaluasi CIPP Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi siswa SMK Program Keahlian Tata Boga Melalui LSP P1 Dengan Model Evaluasi CIPP di SMKN 3 Kota Malang yang difokuskan pada (1) Kesesuaian Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari segi Context (2) Kelengkapan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari segi Input (3) Efektivitas Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari segi Process dan (4) Ketercapaian Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi ditinjau dari segi Product di SMKN 3 Malang. Jenis penelitian yaitu evaluasi dengan pendekatan CIPP (Context Input Process and Product). Obyek penelitian adalah pelaksanaan Uji Sertifikasi Program Keahlian Tata Boga melalui LSP P-1. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XII program Keahlian Tata Boga yang berjumlah 94 dan 32 asesor yang berasal dari guru produktif sebagai pelaksana. Metode pengambilan data berupa angket observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Context (a) Memiliki legalitas sangat baik dilihat dari kelengkapan arsip dokumen yang dimiliki (b) Tujuan serta sasaran pelaksanaan secara umum dalam kategori sangat sesuai dengan skor 35 88 dan tingkat ketercapaian 94 73% (2) Input (a) Kesiapan Siswa berupa kondisi kesehatan memiliki nilai 16 53 dengan kriteria sangat baik dan tingkat ketercapaian 80% dan minat belajar memiliki skor 101 55 dengan kategori tinggi dan tingkat ketercapaian 75 75% (b) Input berupa assesor materi uji kompetensi tempat uji kompetensi memiliki skor 86 16 dengan kategori sesuai dan tingkat ketercapaian 93 4% (3) Process memiliki skor 51 03 dengan kategori baik dan efektif dengan tingkat ketercapaian 93 6% dan (4) Product (a) Hasil pelaksanaan oleh pelaksana memiliki skor 25 91 dengan kriteria baik dan ketercapaian 78% (b) Hasil pelaksanaan dari dokumentasi penilaian siswa memiliki skor 82 03 dengan kategori Sangat Baik dan tingkat ketercapaian 91%. Rekomendasi pada setiap komponen (1) Context perlunya pengembangan lembaga bagi LSP untuk menambah wawasan dalam merumuskan tujuan dan sasaran dengan keterlibatan kuat dari DUDI (2) Input perlu adanya perbaikan yang lebih baik bagi pelaksana LSP maupun siswa (3) Process pengaturan jadwal pelatihan dan pelaksanaan benar-benar dirancang dengan baik serta penilaian harus sesuai dengan standar dari BNSP dan (4) Product perlu adanya peningkatan dan perbaikan pada pelaksanaan dengan memperbaiki dan meningkatan komponen yang masih berkategori rendah dan sedang sehingga di masa mendatang program dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62014

Actions (login required)

View Item View Item