Kontribusi mini research experience dan analysis experience terhadap level of research urgensity melalui research based learning activity mahasiswa / Johan Wayan Dika - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi mini research experience dan analysis experience terhadap level of research urgensity melalui research based learning activity mahasiswa / Johan Wayan Dika

Dika, Johan Wayan (2018) Kontribusi mini research experience dan analysis experience terhadap level of research urgensity melalui research based learning activity mahasiswa / Johan Wayan Dika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Dika Johan Wayan. 2018. Kontribusi Mini Research Experience dan Analysis Experience Terhadap Level of Research Urgensity Melalui Research Based Learning Activity Mahasiswa. Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Dr. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci mini research experience analysis experience research based learning activity level of research urgensity Indikator kualitas Perguruan Tinggi dapat dilihat dari jumlah presentase mahasiswa yang telah diluluskan. Fakta menunjukkan bahwa kebutuhan waktu untuk mendapatkan gelar sarjana terus meningkat hal ini juga terjadi pada program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Problem utama terletak pada matakuliah skripsi secara spesifik terdapat pada sulitnya menembus penerimaan pengajuan proposal skripsi kepada Koordinator program studi. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sekaligus menjawab problem tersebut maka perlu diterapkannya research based learning activity pada mahasiswa. Pada penerapan tersebut dibutuhkan kemampuan minimal seperti mini research serta analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi mini research experience dan analysis experience terhadap research based learning activity baik secara parsial maupun simultan serta mengetahui kontribusi mini research experience analysis experience dan research based learning activity terhadap level of research urgensity baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi hubungan kausal sebab penelitian ini berusaha untuk memberikan pemecahan masalah melalui penyajian data analisis beserta intepretasinya berdasarkan temuan data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2014. Sampel yang diambil sebanyak 42 Mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar review proposal. Teknik analisis data menggunakan metode path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara mini research experience terhadap research based learning activity sebesar 17 325% (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara analysis experience terhadap research based learning activity sebesar 27 49% (3) terdapat kontribusi yang signifikan mini research experience dan analysis experience secara simultan terhadap research based learning activity sebesar 44 8% (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara mini research experience terhadap level of research urgensity sebesar 24 9% (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara analysis experience terhadap level of research urgensity sebesar 20 87% (6) terdapat kontribusi yang signifikan antara research based learning activity terhadap level of research urgensity sebesar 27 49% dan (7) terdapat kontribusi yang signifikan mini research experience analysis experience dan research based learning activity secara simultan terhadap level of research urgensity sebesar 73 3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62013

Actions (login required)

View Item View Item