Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Work Based Learning (WBL) dengan Konsep Service Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK / Luchyto Chandra Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Work Based Learning (WBL) dengan Konsep Service Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK / Luchyto Chandra Permadi

Permadi, Luchyto Chandra (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Work Based Learning (WBL) dengan Konsep Service Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK / Luchyto Chandra Permadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi Luchyto Chandra. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Work Based Learning (WBL) dengan Konsep Service Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Tesis Program Studi Pedidikan Kejuruan Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd. Pembimbing II Dr. Tuwoso M.P. Kata Kunci project based learning work based learning motivasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa antara kelompok PJBL dan WBL (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok siswa kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (3) mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemapuan awal siswa terhadap motivasi belajar siswa (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok PJBL dan WBL (5) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (6) mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen semu ini dilaksanakan pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Penelitian dilakukan di SMKN 6 Malang Jawa Timur pada September November 2017 dengan rancangan faktorial 2 x 3. Dua kelompok sebagai sampel penelitian berjumlah 56 siswa ditentukan berdasarkan kondisi subyek yang meliputi kelas XII TPm 2 dan TPm 3. Data diperoleh menggunakan tes dan non tes data dianalisis dengan teknik statistik desktiktif dan Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok PJBL dan WBL (2) terdapat perbedaan secara motivasi belajar siswa antara kelompok siswa kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (3) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemapuan awal siswa terhadap motivasi belajar siswa (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok PJBL dan WBL (5) terdapat perbedaan secara hasil belajar siswa antara kelompok siswa kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (6) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemapuan awal siswa terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian Pemanfaatan dalam pembelajaran guru disarankan untuk mengunakannya secara bergantian ataupun bersamaan (atau saling melengkapi) antara model pembelajaran PJBL dan WBL. Untuk menerapkan model pembelajaran WBL (1) merancang materi pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik siswa (kemampuan awal) karena di dalam pembelajaran menggunakan model WBL faktor kemampuan awal dapat menunjang hasil belajar (2) memilih permasalahan sebagai materi dalam artian WBL yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa (3) mengkondisikan dan memotivasi siswa sehingga siswa dapat belajar dalam suasana yang kooperatif dan belajar mencari sumber informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62012

Actions (login required)

View Item View Item