Kontribusi bakat mekanik dan kreativitas terhadap problem solving skill serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan siswa paket Keahlian Teknik Permesinan di Kota Malang / Khoirul Huda

Huda, Khoirul (2018) Kontribusi bakat mekanik dan kreativitas terhadap problem solving skill serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan siswa paket Keahlian Teknik Permesinan di Kota Malang / Khoirul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Huda, Khoirul. 2017. Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran IPS Kurikulum 2013 di 3 SMP Wilayah Malang Barat. Skripsi, Prodi Pendidikan IPS. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.; (2) Dr. I Nyoman Ruja, SU Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Penilaian Sikap, Mata Pelajaran IPS Pendidikan merupakan sarana untuk menyiapkan warga negara agar memiliki kemampuan yang berguna bagi kehidupannya. Salah satu dari upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah adanya kurikulum. Kurikulum 2013 menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia yang berkarakter mulia dan matpel IPS juga harus mampu mengembangkan sikap yang dimiliki peserta didik sehingga bisa mencapai tujuan dari K13. Fokus masalah penilitian ini adalah: (1) Bagaimana pemahaman guru tentang penilaian sikap ada mata pelajaran IPS di 3 SMP wilayah Malang Barat?; (2) Bagaimana penilaian sikap yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran IPS di 3 SMP wilayah Malang Barat?; (3) Kendala apakah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penilaian sikap pembelajaran mata pelajaran IPS di 3 SMP wilayah Malang Barat?; (4) Upaya apakah yang sudah dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala penilaian sikap pembelajaran mata pelajaran IPS di 3 SMP wilayah Malang Barat? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah 3 SMP wilayah Malang Barat. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian bahwa guru memahami penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan untuk menilai sikap siswa selama berada di sekolah dan sekarang lebih disederhanakan dalam pelaksanaannya dan untuk nilai akhirnya itu menjadi tanggung jawab guru PPKn dan Agama dengan menggunakan rubrik penilaian yang sudah disediakan formatnya dan disesuaikan dengan kebijakan sekolah. Pelaksanakan penilaian sikap dengan cara menilai yang menonjol saja serta menggunakan lembar tugas atau worksheet yang di dalamnya sudah mampu merangkum semua penilaian yakni penialain sikap, pengetahuan, dan keterampilan. adalah kesulitan untuk mengatur waktu dan harus lebih teliti dalam memantau kinerja siswa. Guru mengatasinya dengan cara mereka berkeliling untuk memantau kinerja para siswa dan memastikan agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik, selain itu juga disaat ada siswa melanggar maka akan diberi sangsi yang mendidik agar mereka jera dan mengoreksi di saat jam kosong atau di rumah. Kesimpulan dari peneltian ini adalah guru sudah mampu memahami dan melaksanakan penilaian sikap yang dikembangkan sesuai kondisi sekolah serta disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Namun yang masih menjadi kendala besar adalah mengelola waktu dan hubungan dengan hasil belajar. Sehingga untuk saran penelitian selanjutnya adalah keterkaitan sikap siswa terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62009

Actions (login required)

View Item View Item