Dukungan pelaksanaan teaching factory dan soft skills terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja siswa SMK / Devita Maulina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Dukungan pelaksanaan teaching factory dan soft skills terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja siswa SMK / Devita Maulina Putri

Putri, Devita Maulina (2018) Dukungan pelaksanaan teaching factory dan soft skills terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja siswa SMK / Devita Maulina Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Devita Maulina. 2017. Dukungan Teaching Factory dan Soft Skills Terhadap Motivasi Kerja dan Kesiapan Kerja Siswa SMK. Tesis Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Isnandar M.T. (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. Kata kunci teaching factory soft skills motivasi kerja dan kesiapan kerja Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode teaching factory merupakan perkembangan daru kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan di SMK. Dengan pelaksanaan teaching factory yang diselenggarakan oleh sekolah akan meningkatkan kemampuan siswa. Kemampuan siswa yang utamanya diperbaiki adalah kemampuan soft skills siswa sendiri. Dukungan tersebut diharapkan akan meningkatkan motivasi siswa untuk memasuki dunia kerja. Selain motivasi diperlukan kesiapan kerja siswa yang baik agar dapat dengan mudah beradaptasi dengan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui dukungan teaching factory (X1) terhadap motivasi kerja (Y) siswa (2) mengetahui dukungan teaching factory (X3) terhadap kesiapan kerja (Z) siswa (3) mengetahui dukungan soft skills (X2) terhadap motivasi kerja (Y) siswa (4) mengetahui dukungan soft skills (X2) terhadap kesiapan kerja (Z) siswa (5) mengetahui dukungan motivasi kerja (Y) terhadap kesiapan kerja (Z) siswa dan (6) besarnya dukungan teaching factory dan soft skills terhadap motivasi kerja dan kesiapan kerja siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 81 siswa kelas XII program keahlian Teknik Komputer dan Informatika.. Metode pengumpulan data pada seluruh variabel menggunakan media angket tertutup. Penelitian ini telah memenuhi prasayarat uji linieritas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data Structural Equation Modelling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan 1) pelaksanaan teaching factory memberikan dukungan signifikan terhadap motivasi kerja siswa (2) pelaksanaan teaching factory memberikan dukungan yang tidak signifikan terhadap kesiapan kerja siswa 3) Soft skills memberikan dukungan signifikan terhadap motivasi kerja siswa (4) soft skills memberikan dukungan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja siswa 5) motivasi kerja memberikan dukungan yang kuat pada kesiapan kerja siswa 6) dukungan teaching factory dan soft skills motivasi kerja bersifat langsung dan kuat sedangkan dukungan terhadap kesiapan kerja siswa memberikan dukungan tidak langsung. Sehingga saran dari hasil penelitian ini bahwa untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa untuk memasuki dunia kerja dibutuhkan motivasi yang kuat dari siswa. Motivasi tersebut berasal dari peran sekolah untuk meningkatkan pelaksanaan teaching factory sedangkan dari siswa perlu meningkatkan soft skills yang dimiliki

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62005

Actions (login required)

View Item View Item