Pengembangan SMK Rujukan berdasarkan peta jalan, jumlah siswa, sarana prasarana, networking, keterserapan lulusan, dan persepsi diri profesionalitas guru di Malang Raya / Ewit Irniyah

Irniyah, Ewit (2018) Pengembangan SMK Rujukan berdasarkan peta jalan, jumlah siswa, sarana prasarana, networking, keterserapan lulusan, dan persepsi diri profesionalitas guru di Malang Raya / Ewit Irniyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irniyah, Ewit. 2017. Pengembangan SMK rujukan berdasarkan peta jalan jumlah siswa, sarana prasarana, networking, keterserapan lulusan, dan persepsi diri profesionalitas guru di Malang raya. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis, M.Pd. (II) Prof. Dr. Tri Atmadji. S, M.Pd. Kata Kunci: Sekolah menengah kejuruan rujukan, jumlah siswa, sarana prasarana, networking, keterserapan lulusan, dan persepsi diri profesionalitas guru Kehadiran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut kemajuan kerjasama dunia industri di dunia pendidikan khususnya pendidikan di Indonesia harus melakukan reformasi upaya peningkatan kualitas pendidikan. Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan telah merintis pengembangan model sekolah menengah kejuruan yang di sebut SMK rujukan. SMK rujukan memiliki kinerja unggul, akses besar dan efektif dalam pengelolaan institusi sebagai model, acuan, dan pemberdayaan sekolah binaan yang dapat dijadikan rujukan bagi sekolah disekitarnya. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan dan mendiskripsikan pengembangan SMK rujukan berdasarkan peta jalan jumlah siswa, sarana prasarana, networking, keterserapan lulusan, dan persepsi diri profesionalitas guru di Malang raya. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 11 sekolah sedangkan sampel terdiri atas 5 sekolah yang masing-masing mewakili kota Malang, kabupaten, dan kota batu. Teknik sampling menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pilihan rumus untuk analisisnya (presentase, mode, median, dan mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SMK rujukan di Malang raya (2014-2015) dilihat dari peta jalan pengembangan: (1) jumlah siswa telah memenuhi sebagai SMK rujukan, kecuali SMK Muhammdiyah 03 Singosari dan SMKN 1 Batu; (2) sarana prasarana telah memenuhi standart yang ditetapkan; (3) kerjasama sekolah dengan industri telah memenuhi standart yang ditetapkan; (4) keterserapan lulusan telah memenuhi standart yang ditetapkan; dan (5) persepsi diri profesionalitas guru memenuhi kriteria memuaskan di setiap indikator persepsi diri profesionalitas guru. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi SMK tentang pengembangan peta jalan SMK rujukan. Selain itu, hasil dari penelitian juga dapat digunakan bagi SMK rujukan di Malang raya untuk mengevaluasi pembelajaran, menyusun strategi pemenuhan jumlah siswa, meningkatkan kualitas lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja, dan relevansi pembelajaran kemampuan persepsi diri guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berdampak pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62003

Actions (login required)

View Item View Item