Kepuasan layanan pembelajaran, relevansi hasil pembelajaran, dan kemampuan adaptasi di tempat kerja lulusan S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang / Muhammad Rahmatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan layanan pembelajaran, relevansi hasil pembelajaran, dan kemampuan adaptasi di tempat kerja lulusan S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang / Muhammad Rahmatullah

Rahmatullah, Muhammad (2017) Kepuasan layanan pembelajaran, relevansi hasil pembelajaran, dan kemampuan adaptasi di tempat kerja lulusan S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang / Muhammad Rahmatullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmatullah Muhammad. 2017. Kepuasan Layanan Pembelajaran Relevansi Hasil Pembelajaran dan Kemampuan Adaptasi di Tempat Kerja Lulusan S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd (II) Apif Miptahul Hajji M.T M.Sc Ph.D. Kata kunci S2 PKJ UM kepuasan layanan pembelajaran relevansi hasil pembelajaran kemampuan adaptasi di tempat kerja studi penelusuran. Dalam implementasi penyelenggaraan pendidikan selama ini pendidikan kejuruan masih dianggap gagal mencapai rancangan tujuan pendidikan kejuruan. Program pendidikan kejuruan yang masih bersifat supply driven membuatnya tidak fleksibel dan dinilai tidak sepenuhnya berorientasi terhadap perubahan kebutuhan lapangan kerja sehingga terisolasi dari kebutuhan nyata dunia usaha dan industri. Maka dibutuhkan studi penelusuran untuk meneliti keterkaitan dan faktor yang melingkupi pendidikan tinggi kejuruan dengan dunia kerja profesional agar mengukur kinerja program studi melalui output yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keterkaitan antara pembelajaran yang diselenggarakan oleh Program S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang (PKJ UM) dengan pengalaman dan tantangan yang dihadapi para lulusannya yang sudah memasuki lapangan kerja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan studi penelusuran. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan Program S2 PKJ UM Angkatan 2007-2012 yang berdomisili di Malang dan sekitarnya yang berjumlah berjumlah 50 orang dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Sedangkan objek penelitiannya yaitu kepuasan layanan pembelajaran relevansi hasil pembelajaran dan kemampuan adaptasi lulusan di tempat kerja. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi kuisioner dan wawancara dengan instrumen penelitian berupa lembar angket panduan wawancara dan alat perekam. Data dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 20 dan dikelola melalui 6 langkah manajemen data membaca dan menulis memo mendeskripsikan mengklasifikasikan menginterpretasikan dan merepresentasikan serta memvisualisasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan pada umumnya (1) merasa puas dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM (2) merasa sesuai dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM sebagai bekal yang diperlukan mereka di lapangan kerja serta memiliki daya keterserapan proses dan posisi yang baik di lapangan kerja dan (3) merasa mampu beradaptasi di tempat kerja mereka dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM. Penelitian ini merekomendasikan agar Perguruan tinggi Direktur Pascasarjana dan Kaprodi Staf administrasi dan Mahasiswa (Lulusan) menggunakan penelitian ini (tracer study) untuk membuat kebijakan akademik di masa yang akan datang serta juga merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk menggunakan penelitian ini sebagai dasar informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait tracer study.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62001

Actions (login required)

View Item View Item