Dewi, Ari Andika Kusuma (2009) Implementasi pembalajaran problem posing-stad untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pokok bahasan hak asasi dalam kehidupan manusia siswa kelas VII- 1 SMPN 4 Tanjung Lombok Utara / Ari Andika Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan di SMPN 4 Tanjung Lombok Utara pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Padahal salah satu kelemahan dengan metode ceramah adalah ingatan yang diperoleh dengan cara mekanis akan segera mudah dilupakan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi pembelajaran problem posing-STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pokok bahasan Hak Asasi Dalam Kehidupan Manusia siswa kelas VII-1 SMPN 4 Tanjung Lombok Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMPN 4 Tanjung Lombok Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar untuk siswa. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil motivasi belajar adalah persentase sedangkan untuk mengolah skor tes hasil belajar adalah dengan menggunakan statistik deskriptif menghitung rerata. Hasil penelitian ini memenuhi kriteria motivasi belajar tinggi pada siklus I dengan persentase 82 45 dan siklus II mengalami peningkatan 6 11 dari siklus I menjadi 88 56. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siklus I 65 dan siklus II mengalami peningkatan 5 55 dari siklus I menjadi 70 55. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran problem posing-STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pokok bahasan Hak Asasi Dalam Kehidupan Manusi siswa kelas VII-1 SMPN 4 Tanjung Lombok Utara. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian pada mata pelajaran yang berbeda untuk mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran problem posing-STAD dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar dan sebelum melakukan pembelajaran dengan model problem posing-STAD sebaiknya siswa dibiasakan dahulu bagaimana cara membuat soal berdasarkan informasi sehingga siswa tidak bingung saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62 |
Actions (login required)
View Item |