Pengembangan learning management system pada matakuliah MKDK S2 PKJ Um / Dwi Sagitta Tjipta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan learning management system pada matakuliah MKDK S2 PKJ Um / Dwi Sagitta Tjipta

Tjipta, Dwi Sagitta (2017) Pengembangan learning management system pada matakuliah MKDK S2 PKJ Um / Dwi Sagitta Tjipta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tjipta Dwi Sagitta. 2017. PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA MATAKULIAH MKDK DI S2 PKJ UM. Tesis. Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Dr. Titi Mutiara Kiranawati M.P. Kata kunci Learning Management System Lulusan S2 Pendidikan Kejuruan UM sebagai ujung tombak pengembangan Pendidikan Kejuruan di Indonesia harus memiliki wawasan yang luas untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di tempat mereka bekerja. Berbagai permasalahan yang terjadi memiliki kebutuhan dan kesulitan yang unik sesuai kondisi. Upaya yang harus dilakukan untuk memperkaya wawasan mereka adalah dengan menyediakan banyak sumber belajar bagi mahasiswa S2 Pendidikan Kejuruan. Kondisi saat ini di S2 Pendidikan Kejuruan adalah belum tersedianya sistem yang mampu mengakomodasi berbagai sumber belajar elektronik yang sudah digunakan untuk dimanfaatkan oleh mahasiswa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Learning Management System (LMS) yang mampu mengakomodasi sumber belajar dan kegiatan pembelajaran. Dengan adanya sistem ini diharapakan bisa meningkatkan kemudahan pembelajaran dan sumber belajar sehingga bisa memperluas daya jangkau sumber belajar. Selain itu sistem ini juga dapat dimanfaatkan untuk memanajemen kegiatan pembelajaran sehingga bisa mendukung kelas online. Langkah-langkah yang dilakukan dalam melaksanakan penelitian yaitu Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Tahap define adalah tahap untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Tahap perancangan bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan adalah tahap untuk menghasilkan produk pengembangan. Proses diseminasi merupakan suatu tahap akhir pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil validasi ahli media dan model pembelajaran masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai 93 72%. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahawa keseluruhan indikator masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 94.40%. Berdasarkan hasil uji ahli tersebut maka tingkat validitas LMS ditinjau dari variabel media model dan materi pembelajaran masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai sebesar 94 06%. Hasil uji lapangan untuk melihat kemenarikan dan implementasi LMS pada perkuliahan masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai sebesar 85 94%. Aspek kemenarikan ini ditinjau dari indikator kenyemanan keterbacaan kesesuaian kontras warna kesesuaian penempatan menu dan navigasi kontribusi pembelajaran mandiri dan peningkatan ilmu. Hal ini mempunyai makna bahwa penggunaan LMS sangat mendukung kegiatan pembelajaran karena pengembangan produk ini telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan pendidikan kejuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61995

Actions (login required)

View Item View Item