Hamdan, Achmad (2017) Perbedaan model pembelajaran berbasis proyek dan kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kompetensi pemrograman web pada siswa SMK / Achmad Hamdan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Fitriani Novi 2017. PengaruhPenggunaanSuplemenBuku Ajar GeografiBerbasisAyat-ayat Al-Qur an TerhadapKecerdasan Spiritual MateriSumberdayaAlamKelas XI MA Sederajat.Skripsi Program StudiPendidikanGeografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II)Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci Kecerdasan Spiritual SuplemenBuku Ajar geografiberbasisAyat-ayat Al-Qur an Kecerdasan spiritual sangatpenting agar siswatidakhanyamendapatpendidikansecaraakademik tetapijugapendidikan moral. Diharapkanmenjadisiswa yang berkarakter. Adanyasumberbelajarberupasuplemenbuku ajar geografimaterisumberdayaalaminidapatmembantusiswauntukmeningkatkankecerdasanspiritual. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanSuplemen Buku Ajar Geografi Berbasis Ayat-ayatAl-Qur an Materi Sumber Daya Alamterhadapkecerdasan spiritual siswakelas XI Madrasah Aliyah An-nur Bululawang Malang Penelitianinidirancangdenganmenggunakaneksperimensemudengandesainpenelitianposttest control group design. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IIS 3sebagaikelaseksperimendenganmendapatkanperlakuanpemberiansumberbelajarberupasuplemenbuku ajar geografiberbasisAyat-ayat Al-Qur an. Lalukelas XI IIS2 sebagaikelasKontroltidakdiberiperlakuan. Instrumenuntukmengetahuikecerdasan spiritualmenggunakanangketpengukuran spiritual. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasilanalisis data diketahuibahwapadasiswakelaseksperimen rata-rata kecerdasanspiritual siswa61%. Sedangkan padakelaskontrolhanya 52% dengannilaiprobabilitas (p) 0 283. AdapengaruhpenggunaanSuplemen Buku Ajar Geografi Berbasis Ayat-ayatAl-Qur an Materi Sumber Daya Alamterhadapkecerdasan spiritual siswakelas XI Madrasah Aliyah An-nur Bululawang Malang. Berdasarkanhasilpenelitian disarankan agarbagi guru geografi disarankanmemberikansumberbelajartambahan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatkankecerdasan spiritual siswa. Untuk merealisasikan pembelajaran yang lebih baik lagi dalam pembelajaran geografi maka guru harus memperhatikan hal-hal antara lain memilih materi yang tepat dalam mengkaitkandengan Al-Qur an atauhal-hal yang mengenai spiritual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61994 |
Actions (login required)
View Item |