Pelaksanaan dan hambatan pembelajaran pendekatan saintifik bidang produktif pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK / Florianus Pandong - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan dan hambatan pembelajaran pendekatan saintifik bidang produktif pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK / Florianus Pandong

Pandong, Florianus (2017) Pelaksanaan dan hambatan pembelajaran pendekatan saintifik bidang produktif pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK / Florianus Pandong. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pandong Florianus. 2017. Pelaksanaan dan Hambatan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Bidang Produktif pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Keyword pembelajaran pendekatan saintifik pelaksanaan dan hambatan bidang produktif di SMK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa dan guru tentang pelaksanaan dan hambatan pembelajaran pendekatan saintifik ditinjau dari aspek perencanaan pelaksanaan evaluasi dan dukungan sumber belajarnya Penelitian ini menggunakan rancangan survay deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru tentang perencanaan pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 86% persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 74 89% sedangkan persepsi guru sebesar 76 22% persepsi siswa tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 73 63% sedangkan persepsi guru sebesar 75% persepsi siswa tentang pelaksanaan dukungan sumber belajar pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 77% sedangkan persepsi guru sebesar 78 6% dan (2) persepsi guru tentang hambatan perencanaan pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 13 6 % persepsi siswa tentang hambatan pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 24 8% sedangkan persepsi hambatan guru sebesar 23 52% persepsi siswa tentang hambatan pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 25 35% sedangkan persepsi hambatan guru sebesar 24 4% dan persepsi siswa tentang hambatan dukungan sumber belajar pembelajaran pendekatan saintifik sebesar 21 3% sedangkan persepsi hambatan guru sebesar 20 52%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru khususnya pengajar pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK agar lebih bersungguh-sungguh dalam menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan syntax model pembelajaran baik pada perencanaan pembelajaran pelaksanaan maupun evaluasi agar siswa lebih mandiri dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri tanpa harus bergantung pada guru. Guru perlu terus menerus mengikuti perkembangan teknologi digital yang sekarang terus tumbuh dengan pesat agar mampu memberikan cakupan materi pembelajaran yang up to date kepada siswa dengan penggunaan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran dimungkinkan dapat menumbuhkan partisipasi aktif dan antusiasme siswa untuk mengikuti pembelajaran dalam rangka penguasaan suatu kompetensi tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61993

Actions (login required)

View Item View Item