Asesmen proses pembelajaran jaringan dasar pada program keahlian teknik informatika / Bian Dwi Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Asesmen proses pembelajaran jaringan dasar pada program keahlian teknik informatika / Bian Dwi Pamungkas

Pamungkas, Bian Dwi (2017) Asesmen proses pembelajaran jaringan dasar pada program keahlian teknik informatika / Bian Dwi Pamungkas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas Bian Dwi. 2017. Asesmen Proses Pembelajaran Jaringan Dasar pada Program Keahlian Teknik Informatika. Tesis Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Kata kunci Asesmen Proses Pembelajaran Jaringan Dasar Kendala yang ditemukan pada proses pembelajaran jaringan dasar diantaranya kurang sesuainya pelaksanaan langkah-langkah kegiatan pada pendekatan pembelajaran saintifik yang dilakukan oleh guru dengan silabus terdapat permasalahan prosedur dan prinsip oleh guru pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik rendahnya tingkat kesesuaian peralatan praktikum TKJ dan perabot praktikum TKJ dengan standar yang telah ditentukan tingkat pemenuhan sarana prasarana pembelajaran yang belum memenuhi standar dan kurang sesuainya sumber belajar yang digunakan dengan silabus yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kesesuaian (1) pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan silabus jaringan dasar (2) sarana prasarana pembelajaran yang digunakan dengan materi jaringan dasar dan (3) sumber belajar yang digunakan dengan silabus jaringan dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan asesmen yang berorientasi tujuan di mana asesmen ini menitikberatkan pada penilaian ketercapaian suatu tujuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia dan TKJ di Kota Trenggalek. Sampel dalam penelitian yaitu siswa Kelas X pada Kompetensi Keahlian Multimedia dan TKJ di SMK Negeri 1 Pogalan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) kesesuaian pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran terhadap silabus jaringan dasar tergolong tinggi. Hal ini berarti pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara umum sudah sesuai dengan silabus Jaringan Dasar (2) kesesuaian sumber belajar yang digunakan pada proses pembelajaran terhadap silabus jaringan dasar tergolong tinggi. Hal ini berarti sumber belajar yang digunakan secara umum sudah sesuai dengan silabus Jaringan Dasar dan (3) kesesuaian sarana prasarana yang digunakan pada proses pembelajaran terhadap materi jaringan dasar tergolong tinggi. Hail ini berarti sarana prasarana yang digunakan secara umum sudah sesuai dengan materi pokok Jaringan Dasar. ABSTRACT Pamungkas Bian Dwi. 2017. An Assessment of Basic Networking Learning Process In Information and Communications Technology. Thesis Vocational Education Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. H. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Keywords Assessment Learning Process Basic Networking The problems found in the basic networking learning process are less appropriate implementation of activities steps on the approach of scientific learning conducted by teachers with syllabus there are problems of procedures and principles by the teachers on learning with scientific approach low level of suitability of TKJ lab equipment and TKJ lab furniture with the predetermined standards the level of suitability of learning infrastructure facilities that have not met the standards and the lack of suitability of used learning resources with the syllabus. This study aims to examine and describe the suitability of (1) learning approaches conducted with the basic network syllabus (2) learning infrastructure and facilities used with the basic network materials and (3) learning resources used with the basic network syllabus. The research design used is an evaluation study using a goal-oriented assessment approach in which the assessment focuses on assessing the achievement of a goal. The population in this study were students of Class X on Multimedia and TKJ expertise at Trenggalek city. Samples in the study were students of Class X on Multimedia and TKJ expertise at SMK Negeri 1 Pogalan. The result shows that (1) the suitability of the learning approach done by the teacher on the learning process with the syllabus of the basic network is high. This means that the teacher s learning approaches are generally in accordance with the Basic Network syllabus (2) the suitability of learning infrastructure and facilities used in the learning process with the basic network syllabus is high. This means that the learning infrastructure and facilities used in general are in accordance with the Basic Network syllabus and (3) the suitability of learning resources used in the learning process on the basic network material is high. This means that the learning resources used in general are in accordance with basic materials of Basic Network.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61992

Actions (login required)

View Item View Item