Pengembangan modul pemrograman web berbasis pendekatan scientific untuk melatih kemampuan berpikir logis peserta didik SMK Nasional Malang / Putri Khoirin Nashiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pemrograman web berbasis pendekatan scientific untuk melatih kemampuan berpikir logis peserta didik SMK Nasional Malang / Putri Khoirin Nashiroh

Nashiroh, Putri Khoirin (2017) Pengembangan modul pemrograman web berbasis pendekatan scientific untuk melatih kemampuan berpikir logis peserta didik SMK Nasional Malang / Putri Khoirin Nashiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nashiroh Putri Khoirin. 2017. Pengembangan Modul Pemrograman Web berbasis Pendekatan Scientific untuk Melatih Kemampuan Berpikir Logis Peserta Didik SMK Nasional Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Waras Kamdi M.Pd. (II) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. Kata kunci modul pemrograman web pendekatan scientific berpikir logis Pemrograman web merupakan mata pelajaran dasar pada program studi Teknik Komputer dan Informatika yang membutuhkan kemampuan berpikir logis. Beberapa permasalahan yang dialami peserta didik dalam mempelajari pemrograman web antara lain ingatan terhadap script yang tidak bertahan lama kurang teliti dalam menger ja kan dan tidak terbiasa dalam mencari kesalahan script. Beberapa permasalahan tersebut menyebabkan peserta didik tidak dapat membuat halaman web secara man di ri. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan modul dengan pen dek atan scientific untuk melatih kemampuan berpikir logis peserta didik sehingga permasalahan-permasalahan tersebut dapat terselesaikan. Pendekatan scientific merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik menerapkan proses berpikir ilmiah selama kegiatan pembela-jaran nya. Pendekatan ini terdiri dari 5 langkah yang tidak harus berurutan antara lain mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengomunikasikan. Melalui modul dengan pendekatan scientific diharapkan peserta didik dapat menggunakan proses berpikir ilmiahnya untuk melatih kemampuan berpikir logisnya dalam membuat halaman web secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul pemrograman web yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu pendekatan scientific (2) menguji kelayakan modul pemrograman web berdasarkan pendekatan scientific dan (3) menguji efektivitas modul pemrograman web berdasarkan pendekatan scientific untuk melatih kemampuan berpikir logis peserta didik SMK Nasional Malang. Pengembangan modul pada penelitian ini menggunakan Model-4D dari Thiagarajan dkk yang meliputi 4 tahap antara lain define design develop dan disseminate. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh ahli pendidikan dan pembelajaran serta ahli desain dan komunikasi. Uji keterbacaan dilakukan dengan uji kelompok kecil pada 9 peserta didik yang telah memperoleh mata pelajaran pemrogmraman web. Efektivitas modul diujikan kepada 45 peserta didik dengan menggunakan pretest dan postest sebanyak 25 soal pilihan ganda peningkatan hasil belajar diukur dengan menggunakan gain score. Efektivitas modul untuk melatih berpikir logis diukur dengan memberikan penilaian untuk 3 langkah berpikir logis yang dilakukan peserta didik melalui hasil kegiatan belajar pada modul. Efektivitas juga diukur dengan menggunakan angket respon peserta didik terhadap modul pemrograman web. Hasil uji kelayakan dan efektivitas modul menunjukkan bahwa modul layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Hasil penilaian validasi modul oleh ahli pendidikan dan pembelajaran menunjukkan bahwa modul sangat valid untuk digunakan dengan persentase sebesar 90 25%. Hasil penilaian dari ahli desain dan komunikasi memberikan hasil 84 25% yang menunjukkan bahwa dari aspek format bahasa dan desain modul memiliki kriteria valid. Hasil penilaian uji kelompok kecil adalah 79 56% yang menunjukkan bahwa modul valid. Hasil penilaian angket respon peserta didik terhadap penggunaan modul adalah 81 86% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid. Hasil gain score dari nilai pretest sebesar 31 11 dan posttest sebesar 79 91 menunjukkan angka 0 71 dengan kriteria tinggi hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah melakukan kegiatan belajar menggunakan modul. Hasil penilaian kemampuan berpikir logis siswa menunjukkan rata-rata sebesar 83 1% dengan kriteria sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61988

Actions (login required)

View Item View Item