Studi komparatif perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, penemuan terbimbing dan kontekstual pada mata pelajaran teknik elektronika dasar Sekolah Menengah Kejuruan di Kediri / Amir Murtono - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, penemuan terbimbing dan kontekstual pada mata pelajaran teknik elektronika dasar Sekolah Menengah Kejuruan di Kediri / Amir Murtono

Murtono, Amir (2017) Studi komparatif perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, penemuan terbimbing dan kontekstual pada mata pelajaran teknik elektronika dasar Sekolah Menengah Kejuruan di Kediri / Amir Murtono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Murtono Amir. 2017. Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Penemuan Terbimbing dan Kontekstual Pada Mata Pelajaan Teknik Elektronika Dasar Sekolah Menengah Kejuruan di Kediri. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dr. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata kunci studi komparatif hasil belajar siswa pembelajaran berbasis masalah penemuan terbimbing pembelajaran kontekstual. Pembelajaran aktif maupun pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan model-model pembelajaran yang disarankan dalam penerapan kurikulum 2013 dengan harapan siswa mendapatkan pembelajaran sebagai aktifitas sejati dimana siswa belajar dengan melakukan dengan demikian siswa akan memperoleh pengetahuan pemahaman dan keterampilan serta perilaku lainnya termasuk sikap dan nilai sehingga ilmu yang telah didapatkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah penemuan terbimbing dan kontekstual. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Elektronika Audio Video SMK Negeri 1 Kediri sebanyak 64 siswa. Pembagian kelas eksperimen dengan teknik simple random (undian). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil rerata nilai pre-test dan hasil rerata nilai post-test masing-masing kelas eksperimen. Analisis untuk pengujian hipotesis menggunakan ANOVA kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey HSD untuk mencari kelas yang sesungguhnya berbeda. Perhitungan dilakukan dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar pada kelas A B dan C . Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rerata nilai pre-test terhadap post-test kelas A sebesar 1 32 kali peningkatan rerata nilai pre-test terhadap post-test kelas B sebesar 1 21 kali sedangkan peningkatan rerata nilai pre-test terhadap post-test kelas C sebesar 1 19 kali. Berdasarkan ujiTukey HSD diperoleh kesimpulan bahwa kelas yang secara signifikan berbeda adalah kelas A dan Kelas C dengan nilai beda rata-rata yaitu1 338 pada kelas A dan -1 338 pada kelas C. Abstract Murtono Amir. 2017. Comparative Study of Student Learning Outcomes Through the Application of Problem Based Learning Model GuidedDiscovery and Contextual Learning in Basic Electronic Subject of Vocational High School in Kediri. Thesis.. Postgraduate of State University of Malang. Advisors (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dr. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Keywords comparative study student learning outcomes problem-based learning guided discovery contextual learning. Active learning and learning with a scientific approach are suggested instructional models in the application of the 2013 curriculum in the hope that students get learning as a true activity where students learn by doing thus students will gain knowledge understanding and other skills and behaviors including attitudes and values So that the gained aime can be applied in everyday life.The purpose of this research is to determine whether there is a difference in student learning outcomes in the subjects of Basic Electronic experimental class that apply problem-based learning model guided inquiry and contextuallearnings. Research subjects were all students of class X Audio Video Technique Skills Program SMK Negeri 1 Kediri as many as 64 students. The class division of experiment with simple random technique (sweepstakes). The research methode was experimental research. The data collection technique was done by using the mean of pre-test value and the mean of post-test value of each experimental class. The analysis for hypothesis using ANOVA then continued with Tukey HSD test to find the actual class is different. The calculation is done with SPSS version 23 program. The results showed that there were significant differences in student learning outcomes in the subjects of Basic Electronics in classes A B and C . This is indicated by the increase of the average pre-test value to the post-test of class A 1.32 times the increase of pre-test value to the B-class post-test at 1.21 times while the mean increase of pre-test value to the post-test Class C of 1.19 times. Based on Tukey HSD test it can be concluded that the significantly different classes are class A and Class C with average difference value is 1.338 in class A and -1 338 in class C.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61987

Actions (login required)

View Item View Item