Kontribusi lingkungan belajar, disiplin belajar, dan gaya belajar terhadap motivasi belajar serta dampaknya pada hasil belajar siswa kompetensi keahlian elektronika industri di SMK se-Malang Raya / Yussi Anggraini

Anggraini, Yussi (2017) Kontribusi lingkungan belajar, disiplin belajar, dan gaya belajar terhadap motivasi belajar serta dampaknya pada hasil belajar siswa kompetensi keahlian elektronika industri di SMK se-Malang Raya / Yussi Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Yussi. 2017. Kontribusi Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK Se-Malang Raya. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd, (II) Dr. Purnomo, S.T.,M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari nilai hasil belajar atau prestasi belajar siswa. Nilai hasil belajar dapat dipakai sebagai parameter untuk menilai keberhasilan proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMK se-Malang Raya didapatkan hasil bahwa kompetensi keahlian elektronika industri (EI) termasuk salah satu jurusan yang diminati karena lulusannya banyak dibutuhkan oleh industri, namun nilai hasil belajar siswa dikategorikan rendah karena terdapat beberapa siswa yang belum mencapai standar yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kontribusi lingkungan belajar, disiplin belajar dan gaya belajar terhadap motivasi belajar serta dampaknya pada hasil belajar siswa kompetensi keahlian Elektronika Industri di SMK Se-Malang Raya. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 228 siswa sedangkan sampel berjumlah 145 siswa kelas XI program keahlian elektronika industri. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin belajar, gaya belajar terhadap motivasi belajar serta dampaknya pada hasil belajar siswa sebesar 63,1%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin belajar, gaya belajar terhadap motivasi belajar sebesar 59,8%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa sebesar 5,33%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa sebesar 9,672%, (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara gaya belajar terhadap motivasi belajar sebesar 14,137%, (6) terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 6,502%, (7) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 4,796%, (8) terdapat kontribusi yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 5,525%, dan (9) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 5,664%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan belajar, disiplin belajar, dan gaya belajar terhadap motivasi belajar serta dampaknya pada hasil belajar siswa kompetensi keahlian elektronika industri di SMK se-Malang Raya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61978

Actions (login required)

View Item View Item