Analisis strategis penyelenggaraan program kejar paket C vokasi di PKBM Mandiri / Sherly Gita Merlinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategis penyelenggaraan program kejar paket C vokasi di PKBM Mandiri / Sherly Gita Merlinda

Merlinda, Sherly Gita (2017) Analisis strategis penyelenggaraan program kejar paket C vokasi di PKBM Mandiri / Sherly Gita Merlinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merlinda Sherly Gita. 2017. Analisis Strategis Penyelenggaraan Kejar Paket C Vokasi di PKBM Tegar Mandiri. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd (2) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd Kata kunci penyelenggaraan kejar paket c vokasi Pendidikan di Indonesia belum merata. Pemerintah harus melakukan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia. Penyelenggaraan Program Kejar Paket C Vokasi di Probolinggo merupakan upaya untuk melayani masyarakat yang memerlukan pelayanan pendidikan terutama untuk menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan dilengkapi terampilan terstruktur dan dibuktikan dengan sertifikat uji kompetensi tetapi pelaksanaannya di luar sistem persekolahan/pendidikan luar sambil sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskirptif. Metode penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan masalah yang terjadi pada masa sekarang atau yang sedang berlangsung yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang terjadi sebagaimana mestinya pada saat penelitian berlangsung. Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia yang berkedudukan sebagai informan. Untuk menentukan informan dalam penelitian ini berdasarkan pada kebutuhan penelitian dengan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi dan permasalahannya secara mendalam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara secara terstruktur observasi dan metode dokumentasi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penyelenggaraan program paket C Vokasi sudah berjalan dengan lancar. Tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yaitu kurangnya jumlah tutor yang ada di PKBM ini kurangnya dana serta kurangnya kesadaran warga belajar untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kendala-kendala yang terjadi telah menemukan beberapa upaya yang dapat dilakukan. Diantaranya pengajuan proposal untuk pendanaan menambah jumlah tutor dan terus memberi semangat kepada warga belajar untuk memiliki kesadaran akan pentingnya sekolah. Dukungan dari pemerintah juga sangat penting agar program ini dapat berjalan dengan baik. ABSTRACT Merlinda Sherly Gita. 2017. Strategic Analysis of Vocational Package C in PKBM Tegar Mandiri. Tesis. Vocational Education Program. Graduate Program of State University of Malang. Supervisor (1) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd (2) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd Key words The implementation of package C vocational. Education in Indonesia is not evenly distributed. The government should conduct educational equity throughout Indonesia. The Procurement Program of Package C Vocational in Probolinggo is an effort to serve people who need education services for primary and secondary education. The research method used in this research is descriptive research method. Descriptive research method is a research method used to describe problems that occur in the present or ongoing which aims to describe what happened as it should at the time of research. Sources of data in this study are human being domiciled as an informant. To determine the informants in this study based on the needs of research by selecting informants who are considered to know the information and problems in depth. Data collection techniques in this study are structured interviews observations and documentation methods. The conclusion ofrom this research is the implementation of C Vokasi package program has been running smoothly. But in the implementation there are still obstacles that is the lack of number of tutors in this PKBM lack of funds and lack of awareness of citizens learn to be active in learning activities. The constraints that have occurred have found some effort that can be done. Among the proposals for funding increasing the number of tutors and continue to encourage the citizens to learn to have an awareness of the importance of school. Support from the government is also very important for this program to run well.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61977

Actions (login required)

View Item View Item