Kontribusi pengetahuan kewirausahaan, kompetensi keahlian, dan self-efficacy terhadap pola pikir berwirausaha siswa paket keahlian multimedia di Kota Malang / Pio Arfianova Fitrizky Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pengetahuan kewirausahaan, kompetensi keahlian, dan self-efficacy terhadap pola pikir berwirausaha siswa paket keahlian multimedia di Kota Malang / Pio Arfianova Fitrizky Islami

Islami, Pio Arfianova Fitrizky (2017) Kontribusi pengetahuan kewirausahaan, kompetensi keahlian, dan self-efficacy terhadap pola pikir berwirausaha siswa paket keahlian multimedia di Kota Malang / Pio Arfianova Fitrizky Islami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islami Pio Arfianova Fitrizky. 2017. Kontribusi Pengetahuan Kewirausahaan Kompetensi Keahlian dan Self-Efficacy terhadap Pola Pikir Berwirausaha serta Dampaknya pada Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Pogram Keahlian Multimedia di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Kata Kunci Pengetahuan Kewirausahaan Kompetensi Keahlian Self-Efficacy Pola Pikir Berwirausaha Kesiapan Berwirausaha Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih menekankan pada usaha mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu. Namun pada kenyataannya lulusan yang dihasilkan SMK masih mendominasi angka pengangguran tertinggi kedua setelah SMA yaitu sebesar 19 19%. Salah satu faktor yang menyebabkan masih tingginya angka pengangguran adalah pola pikir dan sikap masyarakat yang masih beranggapan bahwa berwirausaha masih belum bisa menjamin keberlangsungan hidup. Pola pikir tersebut berdampak pada kurangnya minat masyarakat untuk membangun dan mengembangkan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengetahuan kewirausahaan kompetensi keahlian dan self-efficacy terhadap pola pikir berwirausaha serta dampaknya pada kesiapan berwirausaha siswa SMK program keahian multimedia di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan tiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan kompetensi keahlian dan self-efficacy satu variabel intervening yaitu pola pikir berwirausaha dan satu variabel terikat yaitu kesiapan berwirausaha. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK program keahlian multimedia di Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 181. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner tes dan dokumentasi Sedangkan . teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap pola pikir berwirausaha sebesar 21 90% kompetensi keahlian berkontribusi signifikan terhadap pola pikir berwirausaha sebesar 3 65% dan self-efficacy berkontribusi signifikan terhadap pola pikir berwirausaha sebesar 4 12%. Sedangkan pengetahuan kewirausahaan kompetensi keahlian dan self-efficacy berkontribusi signifikan secara simultan terhadap pola pikir berwirausaha sebesar 48 67%. Hasil penelitian juga memaparkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 7 84% kompetensi keahlian berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 2 43% self-efficacy berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha 3 73% pola pikir berwirausaha berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 11 49% dan pengetahuan kewirausahaan kompetensi keahlian self-efficacy dan pola pikir berwirausaha berkontribusi signifikan secara simultan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 59 47%. ABSTRACT Islami Pio Arfianova Fitrizky. 2017. Contribution of Entrepreneurship Knowledge Skills Competence and Self-Efficacy to Entrepreneurial Mindset and the Impact on Student Entrepreneurship Readiness of Multimedia Expertise at Vocational High School in Malang. Thesis Undergraduate Vocational Education Postgraduate State Unversity of Malang. Advisors (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Keywords Entrepreneurship Knowledge Skills Competence Self-Efficacy Entrepreneurial Mindset Enterepreneurship Readiness Vocational High School (VHS) more focused on preparing students to work in a particular field. However in fact the graduates produced by Vocational High School (VHS) still dominate the second highest unemployment rate after high school amounting to 19.19%. One of the factors causing the high unemployment rate is the mindset and attitude of the people who still think that entrepreneurship still can not guarantee the survival. The mindset has an impact on the lack of public interest to build and develop entrepreneurship. This study aims to determine the contribution of entrepreneurship knowledge skills competence and self-efficacy to the mindset of entrepreneurship and its impact on the student s entrepreneurship readiness of multimedia expertise at VHS in Malang. This study uses a quantitative approach that involve three independent variables of entrepreneurship knowledge skills competence and self-efficacy One intervening variable is entrepreneurship mindset and one dependent variable that is entrepreneurship readiness. The population in this study is the students on XII grade multimedia Skills at VHS in Malang. The sampling technique used in this study is proportional random sampling with the number of respondents as much as 181. Data collection is done by the method of questionnaires tests and documentation. Data analysis technique used is path analysis. Based on the results of the research the following conclusions are obtained that entrepreneurial knowledge contribute significantly to entrepreneurship mindset amount 21.90% skills competence contribute significantly to entrepreneurship mindset amount 3.65% and self-efficacy contributes significantly to entrepreneurship mindset amount 4.12%. Meanwhile entrepreneurial knowledge skills competence and self-efficacy contribute significantly simultaneously to entrepreneurship mindset amount 48.67%. The results of the research also describe that entrepreneurial knowledge contributes significantly to entrepreneurial readiness amount 7.84% skills competency contribute significantly to entrepreneurial readiness amount 2.43% self-efficacy contributes significantly to entrepreneurial readiness amount 3.73% entrepreneurship mindset contribute significantly to entrepreneurship readiness of 11.49% and entrepreneurial knowledge skills competence self-efficacy and entrepreneurship mindset contribute significantly simultaneously to entrepreneurship readiness amount 59.47%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61976

Actions (login required)

View Item View Item