Kontribusi sarana prasarana komputer, kesiapan ujian dan motivasi belajar terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer serta dampaknya pada UNBK siswa SMK paket Keahlian Rekayasa Lunak di kota Malang / Septiana Winda Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi sarana prasarana komputer, kesiapan ujian dan motivasi belajar terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer serta dampaknya pada UNBK siswa SMK paket Keahlian Rekayasa Lunak di kota Malang / Septiana Winda Maulida

Maulida, Septiana Winda (2017) Kontribusi sarana prasarana komputer, kesiapan ujian dan motivasi belajar terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer serta dampaknya pada UNBK siswa SMK paket Keahlian Rekayasa Lunak di kota Malang / Septiana Winda Maulida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulida Septiana Winda. 2016. Kontribusi Sarana Prasarana Komputer Kesiapan Ujian dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Ulangan Akhir Semester Berbasis Komputer Serta Dampaknya Pada Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer Siswa SMK Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Di Kota Malang. Tesis. S2 Pendidikan Kejuruan.Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. Kata Kunci sarana prasarana komputer kesiapan ujian motivasi belajar ulangan akhir semester berbasis komputer UNBK. Kualitas kompetensi calon lulusan pendidikan kejuruan dapat diukur melalui penilaian pembelajaran. Penilaian pembelajaran dilaksanakan oleh guru sekolah dan pemerintah. Guru melakukan penilaian dalam bentuk ulangan harian yang dilaksanakan setelah mengajar kompetensi tertentu sekolah melaksanakan penilaian secara periodik pada tengah dan/atau akhir semester sedangkan pemerintah melakukan penilaian pada akhir tingkat pendidikan dengan Ujian Nasional (UN). Berdasarkan hasil survey oleh kemendikbud pada tahun 2015 tentang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer didapat hasil sebagai berikut (1) angket perasaan siswa didapatkan persentase sebagai berikut 53% siswa merasa optimis 40% siswa merasa biasa saja 7% siswa merasa cemas dan 1% siswa merasa sangat cemas dan (2) angket kekhawatiran siswa yang berhubungan dengan sarana prasarana didapatkan persentase sebagai berikut 48% siswa khawatir komputer eror 32% siswa khawatir listrik mati 11% siswa khawatir salah dalam menjawab soal 7% siswa khawatir jaringan komputer lambat dan 2% siswa khawatir tidak bisa login.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi sarana prasarana komputer kesiapan ujian motivasi belajar ulangan akhir sekolah berbasis komputer terhadap ujian nasional berbasis komputer siswa SMK RPL di Kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengujian analisis jalur (path). Variabel bebas pada penelitian ini yaitu sarana prasarana (X1) kesiapan ujian (X2) dan motivasi belajar (X3). Variabel terikat pada penelitian ini adalah ujian nasional berbasis komputer (Z) sementara variabel intervening adalah ulangan akhir semester berbasis komputer (Y). Populasinya siswa kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017 di SMK Kota Malang yang akan melaksanakan UNBK. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan proportional random sampling 185 responden dari tiga sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) sarana prasarana komputer berkontribusi signifikan terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer (2) kesiapan ujian berkontribusi signifikan terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer (3) motivasi belajar berkontribusi signifikan terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer (4) sarana prarasara komputer kesiapan ujian dan motivasi belajar berkontribusi signifikan terhadap ulangan akhir semester berbasis komputer (5) sarana prasarana komputer berkontribusi signifikan terhadap ujian nasional berbasis komputer (6) kesiapan ujian berkontribusi signifikan terhadap ujian nasional berbasis komputer (7) motivasi belajar berkontribusi signifikan terhadap ujian nasional berbasis komputer (8) ulangan akhir semester berbasis komputer berkontribusi signifikan terhadap ujian nasional berbasis komputer (9) sarana prarasara komputer kesiapan ujian motivasi belajar dan ulangan akhir semester berbasis komputer berkontribusi signifikan terhadap ujian nasional berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61973

Actions (login required)

View Item View Item