Pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa SMK kelas XI Teknik Elektronika Industri / Anjar Afif Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa SMK kelas XI Teknik Elektronika Industri / Anjar Afif Afandi

Afandi, Anjar Afif (2017) Pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa SMK kelas XI Teknik Elektronika Industri / Anjar Afif Afandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afandi Afif. A. Pelaksanaan Pembelajaran Berbantu Komputer pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk Meningkatkan Pengetahuan Keterampilan dan Sikap Siswa SMK Kelas XI Teknik Elektronika Industri. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mardji M.Kes. (II) Drs. Slamet Wibawanto MT. Keywords penelitian tindakan kelas simulasi komputer elektronika industri sensor dan aktuator. Saat kegiatan praktikum banyak siswa tidak mampu menjelaskan secara baik cara kerja komponen atau rangkaian elektronika. Siswa memhami cara merangkai atau menjalankan rangkaian tetapi siswa belum paham cara kerja rangkaian yang dibuat. Penelitian ini bertujuan (1) Meningkatkan pemahaman siswa terhadap fungsi komponen dan cara kerja rangkaian (2) Meningkatkan nilai sikap dan keterampilan siswa (3) Meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan pada kelas XI Paket Keahlian Elektronika Industri (XI EI 2) di SMK Negeri 2 Singosari tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator materi gambar simbol komponen prinsip kerja dan fungsi dari beberapa sensor yaitu LDR photo transistor opto-isolator dan termistor. Metode penelitian (1) Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart selama 3 siklus melalui 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (planning) (b) tindakan (action) (c) pengamatan (observation) dan (d) refleksi (reflection). (2) Strategi pembelajaran diberikan melalui praktikum simulasi komputer menggunakan program komputer Livewire Professional Edition. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah (1) Kinerja guru menggunakan sumber data lembar observasi (2) Interaksi siswa menggunakan sumber data lembar observasi (3) Nilai ujian siswa menggunakan sumber data (a) hasil tes (pengetahuan) (b) lembar observasi keterampilan dan (c) lembar observasi sikap. (4) Laporan tugas siswa menggunakan sumber data laporan praktikum dan (5) Dokumentasi kegiatan menggunakan sumber data foto. Hasil penelitian pada siklus I terlihat rerata nilai sikap adalah 88 51 rerata nilai pengetahuan adalah 68 51 dan rerata nilai keterampilan adalah 90 54. Siklus II hasil ujian mengalami peningkatan dibanding siklus I yaitu rerata nilai sikap adalah 92 57 rerata nilai pengetahuan 78 65 dan rerata nilai keterampilan adalah 93 92. Siklus III nilai ujian yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan dibanding siklus II yaitu rerata nilai sikap adalah 93 24 rerata nilai pengetahuan adalah 81 22 dan rerata nilai keterampilan adalah 95 27.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61968

Actions (login required)

View Item View Item