Yaqin, Akbar Joko Ainul (2017) Kontribusi implimentasi competency by based training, kondisi sarana-prasarana dan motivasi belajar terhadap kompetensi peserta diklat UPT PK Singosari / Akbar Joko Ainul Yaqin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yaqin Akbar J.A. 2016. Kontribusi Competency Based Training Kondisi Sarana-Prasarana dan Motivasi Belajar terhadap Kompetensi Peserta Diklat UPT PK Singosari. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Dr. Tuwoso MP. Kata kunci CBT sarana-prasarana motivasi kompetensi pendidikan danpelatihan. Saat ini dunia pendidikan sebagai penghasil tenaga terampil masih belum diserap sepenuhnya oleh dunia industri. Hal ini disebabkan kurangnya keterkaitan maupun kesesuaian kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan dunia industri.Pemberdayaan Balai Latihan Kerja (BLK)atau sekarang lebih dikenal dengan Unit Pelatihan Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia.Dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia melalui pelaksanaan pemberdayaan UPT-PK masih terdapat kekurangan dan permasalahan yang terjadi. Permasalahan yang dihadapi saat ini pada umumnya terkait dengan pelaksanaankegiatan pembelajaran dan pelatihan yang kurang maksimal yakni keterbatasan sarana prasarana serta lingkungan belajar yang tidak serupa dengan dunia kerja. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidaksiapan lulusan dalam memasuki dunia kerja.Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi Implementasi CBT dan kondisi sarana prasarana secara signifikan terhadap motivasi belajar dan untuk mengetahui kontribusi implementasi CBT sarana prasarana dan motivasi belajar secara signifikan terhadap kompetensi peserta diklat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif denganpath analysis model dekomposisi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 peserta diklat dan sampel penelitian diambil secara keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi dengan taraf signifikasi 0 05. Hasil analisis menunjukkan bahwaimplementasi CBT dan kondisi sarana prasarana berkontribusi secara simultan terhadap motivasi belajar sebesar 42 9%.Kontribusi implementasi CBT terhadap motivasi belajar secara langsung sebesar 17 47%dan secara tidak langsung sebesar 7 7%. Kontribusi kondisi sarana prasarana terhadap motivasi belajar secara langsungsebesar 10 56% dan secara tidak langsung sebesar 7 7%.Selain itu hasil analisis juga menunjukkan bahwa implementasi CBT kondisi sarana prasarana dan motivasi belajar berkontribusi secara simultan terhadap kompetensi peserta diklat sebesar 59 1% implementasi CBT berkontribusi secara langsung terhadap kompetensi peserta diklat sebesar 6 7% dan berkontribusi secara tidak langsung melalui motivasi belajar sebesar 9 4%. Kondisi sarana prasarana berkontribusi secara langsung terhadap kompetensi peserta diklat sebesar 17 3% dan berkontribusi secara tidak langsung melalui motivasi belajar sebesar 7 2%. Motivasi belajar berkontribusi secara langsung terhadap kompetensi peserta diklat sebesar 5 11%. Saran dari hasil penelitian yakni agar di UPT PK Singosari dapat meningkatkan pelaksanaan CBT secara lebik baik lagi sehingga dapat mengingkatkan motivasi dan kompetensi peserta diklat di UPT PK Singosariserta lebih mempertimbangkan tentang kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang proses pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61967 |
Actions (login required)
View Item |