Tri, Maryati (2017) Kontribusi keterampilan mengajar, keterampilan belajar dan kecerdasan intrapersonal terhadap kesadaran metakognitif serta dampaknya pada pencapaian kompetensi perakitan komputer siswa SMK Negeri se-kota Malang / Tri Maryati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maryati Tri. 2016. KontribusiKeterampilanMengajar KeterampilanBelajardanKecerdasan Intrapersonal terhadapKesadaranMetakognitifsertadampaknyaPadaPencapaianKompetensiPerakitanKomputerSiswa SMK Negeri Se-Kota Malang. Tesis Program PendidikanKejuruan Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HakkunElmunsyah S.T. M.T (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Keywords Keterampilanmengajar keterampilanbelajar kecerdasan intrapersonal kesadaranmetakognitif pencapaiankompetensiperakitankomputer Penguasaankompetensipaketkeahlian TKJ yang baiktidakterlepasdaripencapaiankompetensidasarpaketkeahlian TKJ yang baikdanbenar.Pencapaiankompetensiperakitankomputersangatpentingkarenamerupakanpendukungpekerjaanteknisikomputer yang banyakdibutuhkan di duniausahadanindustri.Fakta di lapanganmenunjukkanlulusan SMK di Kota Malang banyak yang bekerjatidaksesuaidenganbidangkeahliannyainimenunjukkanbahwakompetensisiswa SMK jurusan TKJ masihkurang.Hal inidisebabkanolehbeberapafaktoryaknifaktorinternal daneksternal.Faktor internal merupakanfaktor yang mempengaruhidaridirisiswasendiriyaitukecerdasan intrapersonal danketerampilanbelajar.Kemudianfaktoreksternalmerupakanfaktor yang mempengaruhidariluardirisiswayaituketerampilanmengajar guru.Selainitululusan SMK yang dapatbelajarmandirimakaakanmenjadipebelajarsepanjanghayat yang responsifterhadapperubahansehinggadapatbersaing di duniakerja.Namun proses pembelajaran di SMK masihkurangmemperhatikanpengembangankemampuanberfikirtingkattinggisiswa. InisejalandenganpendapatMukhadis (2013) bahwapelaksanaanpembelajarandalambidangteknologimasihkurangmenggembirakan yang berdampakkurangberkembangnyakemampuanindividuuntukmengembangkankemampuanberfikirtingkattinggiyaknimetakognisi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahkontribusilangsungantara(1) keterampilanmengajar guru terhadapkesadaranmetakognitifsiswa SMK paketkeahlianTKJ (2) keterampilanbelajarterhadapterhadapkesadaranmetakognitifsiswa SMK paketkeahlianTKJ (3) kecerdasan intrapersonal terhadapkesadaranmetakognitifsiswa SMK paketkeahlianTKJ (4) kesadaranmetakognitifterhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswa SMK paketkeahlianTKJ (5) keterampilanmengajar guru terhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswa SMK paketkeahlianTKJ (6) keterampilanbelajarterhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswa SMK paketkeahlianTKJ (7) kecerdasan intrapersonal terhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswa SMK paketkeahlianTKJ.Rancanganpenelitianinimenggunakanmetodepenelitian survey dalamkategori survey analitisdenganpendekatankuantitatif.Jumlahsampel yang digunakansebanyak 199 siswapadakelas X.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahangket dokumentasidantes.Angketdigunakanuntukmengungkapketerampilanmengajar keterampilanbelajar kecerdasan intrapersonal dankesadaranmetakognitif Sedangkanmelihatpencapaiankompetensimatapelajaranperakitankomputermenggunakaninstrumentesdandokumentasi.Instrumentesuntukmengukuracademic skillssedangkandokumentasiuntukmengungkaptechnical skills padamatapelajaranperakitankomputer.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes angket dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) adakontribusilangsungantaraketerampilanmengajar guruterhadapkesadaranmetakognitifsiswasebesar 4 41% (2) adakontribusilangsungantaraketerampilanbelajarsiswaterhadapkesadaranmetakognitifsiswasebesar 8 82% (3) adakontribusilangsungantarakecerdasan intrapersonal siswaterhadapkesadaranmetakognitifsiswasebesar 13 10% 4) adakontribusilangsungantaraketerampilanmengajar guru terhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswasebesar 3 69% (5) adakontribusilangsungantaraketerampilanbelajarsiswaterhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswasebesar 2 99% (6) adakontribusilangsungantarakecerdasan intrapersonal siswaterhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswasebesar 2 66% (7)adakontribusilangsungantarakesadaranmetakognitifsiswaterhadappencapaiankompetensiperakitankomputersiswasebesar 3 24%. Saran yang disampaikanadalahsebagaiberikut (1)bagipemerintah Kota Malang perluadanyapengarahankepadaKepalaSekolah agar lebihmemperhatikankesadaranmetakognitifuntukdapatmendukungpencapaiankompetensiperakitankomputersehinggalulusan SMK dapatbersaingdalamMasyarakatEkonomi ASEAN (2)bagiKepalaSekolah memberikaninformasikepadatentangfaktorpendukungkesadaranmetakognitifpadapembelajaranteknologiyakniketerampilanmengajar guru keterampilanbelajarsiswadankecerdasan intrapersonal siswa (3)bagi guru untukdapatmengefektifkan proses pembelajaranyakni guru harusdapatmemberikanpertanyaan menyebarkanpertanyaan danmemberikanpertanyaan yang mendorongberpikirkritissiswa (4)bagiindustri denganadanyahasilpenelitianinisehinggadapatmengefektifkandalamupayamembimbingpesertadidikselamapraktekkerjaindustri (5)bagipesertadidik dapatmembuatjadwalbelajardandisiplindalambelajarsesuaidenganjadwalbelajarnya. Selainitu pesertadidikbelajaruntukmemupuksifatmandirisehinggadapatbertanggungjawabterhadaptugasnya dan (6)bagipenelitiselanjutnya diharapkandapatmenggalilagifaktorapasaja yang mempengaruhikesadaranmetakognitifsiswaselainketerampilanmengajar guru keterampilanbelajardankecerdasan intrapersonal siswa. Selainitu perlujugauntukdigalipadamatapelajaranselainperakitankomputer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61964 |
Actions (login required)
View Item |