Pengaruh model pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta kesiapan kerja bidang teknik bubut siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan se-kabupaten Gresik / Tulus Budi Hartoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta kesiapan kerja bidang teknik bubut siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan se-kabupaten Gresik / Tulus Budi Hartoyo

Hartoyo, Tulus Budi (2017) Pengaruh model pembelajaran Training Within Industry (TWI) dan pengalaman praktik kerja industri terhadap motivasi serta kesiapan kerja bidang teknik bubut siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan se-kabupaten Gresik / Tulus Budi Hartoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartoyo Tulus Budi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Training Within Industry (TWI) danPengalamanPraktikKerjaIndustriterhadapMotivasisertaKesiapanKerjaBidangTeknikBubutSiswa SMK KompetensiKeahlianTeknikPemesinanSe-Kabupaten Gresik. Tesis Program StudiPendidikanKejuruan Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Mardji M. Kes Pembimbing II Dr. Ahmad Dardiri M. Pd. Kata Kunci model TWI prakerin motivasimasukduniakerja kesiapankerja Tujuanpendidikankejuruanadalahmempersiapkanlulusannyauntuksiapbekerjasesuaidengankompetensikeahliantertentu. Kesiapankerjaadalahkondisi yang menggambarkansiswadapatlangsungbekerjasetelahlulustanpamemerlukanmasapenyesuaiandiripadaduniakerja. Lulusandikatakansiapkerjajikamemilikikemampuanhard skilldansoft skill yang seimbang.Untukmengetahuikesiapantersebutdalampenelitianiniakandikaji (1) pengaruhsecarasimultandanparsialmodel Training Within Industry (TWI) danpengalamanpraktikkerjaindustriterhadapmotivasimasukduniakerja (2) pengaruhsecarasimultandanparsialmodel TWI pengalamanpraktikkerjaindustridanmotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerjabidangteknikbubutsiswa SMK. Penelitianinidikategorikansebagaiexplanatory research yang bersifat non experimental denganrancanganCross sectional ex-post facto.Populasidalampenelitiansebanyak 462 siswa. Sampeldalampenelitianiniberjumlah 214 siswa yang ditetapkansecaraproporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakanteknikkuesionerdandokumentasi. Teknikanalisis datadigunakananalisisjalur(path analysis)dengansignifikasi 0 05. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) terdapatpengaruhsignifikansecarasimultanantara model pembelajaranTWI danpengalamanpraktikindustrikerjaterhadapmotivasimasukduniakerja (2) terdapatpengaruhsignifikanantara model pembelajaranTWI terhadapmotivasimasukduniakerja (3)terdapatpengaruhsignifikanantarapengalamanpraktikkerjaindustriterhadapmotivasimasukduniakerja (4) terdapatpengaruhsignifikansecarasimultanantara model pembelajaran TWI pengalamanpraktikkerjaindustri danmotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerja (5) tidakterdapatpengaruhsignifikanantara model pembelajaranTWI terhadapkesiapankerja (6) terdapatpengaruhsecarasignifikanantarapengalamanpraktikkerjaindustriterhadapkesiapankerja (7) terdapatpengaruhsecarasignifikanantaramotivasimasukduniakerjaterhadapkesiapankerjabidangteknikbubutsiswa SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61963

Actions (login required)

View Item View Item