Ihwanudin, M. (2017) Kontribusi efikasi diri dan keterampilan belajar terhadap pencapaian kompetensi serta dampaknya pada perencanaan karier siswa UPT Pelatihan Kerja / M. Ihwanudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK M. Ihwanudin.2016. Kontribusi Efikasi Diri dan Keterampilan Belajar Terhadap Pencapaian Kompetensi serta Dampaknya pada Perencanaan Karier Siswa UPT Pelatihan Kerja. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Purnomo S.T. M.Pd (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata kunci efikasi diri keterampilan belajar pencapaian kompetensi perencanaan karier Dunia industri kendaraan bermotor saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi. Perencanaan kariersiswa harus didukung dengan efikasi diri. Selain itu dalam proses pelatihan di UPT-PK peranketerampilan belajar yang dimiliki siswa mampu mendukung pencapaian kompetensi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah efikasi diri dan keterampilan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian kompetensi (2) apakah efikasi diri berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian kompetensi siswa (3) apakah keterampilan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian kompetensi (4) apakah efikasi diri keterampilan belajar dan pencapaian kompetensi berkontribusi secara signifikan terhadap perencanaan karier (5) apakah pencapaian kompetensi berkontribusi secara signifikan terhadap perencanaan karier (6) apakah efikasi diri berkontribusi secara signifikan terhadap perencanaan karier (7) apakah keterampilan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian adalah siswa UPT-PK kejuruan teknik sepeda motor di Jawa Timur sebanyak 304 dengan penggunaan sampel sebesar 173 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisisjalurdenganSig.5%. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20.0. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) efikasi diri dan keterampilan belajar secara simultan berkontribusi signifikan terhadap pencapaian kompetensisebesar 68 7% (2) efikasi diri berkontribusi signifikan terhadap pencapaian kompetensisebesar 25 1% (3) keterampilan belajar berkontribusi signifikan terhadap pencapaian kompetensisebesar 28 4% (4) efikasi diri keterampilan belajar dan pencapaian kompetensi secara simultan berkontribusi signifikan terhadap perencanaan kariersebesar 39 5% (5) efikasi diri berkontribusi tidak signifikan terhadap perencanaan kariersebesar 0 04% (6) keterampilan belajar berkontribusi signifikan terhadap perencanaan kariersebesar 3 49% (7) pencapaian kompetensi berkontribusi signifikan terhadap perencanaan kariersebesar 23 61%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh kepala instansi atau stakeholder UPT-PK sebagai bahan masukan dalam upaya pengambilan keputusan serta perbaikan pelatihan sehingga meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61962 |
Actions (login required)
View Item |