Asfani, Khoirudin (2016) Kontribusi kinerja mengajar guru dan kepuasan belajar terhadap motivasi berprestasi serta ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa SMK Negeri di Kota Malang / Khoirudin Asfani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asfani Khoirudin. 2016. Kontribusi Kinerja Mengajar Guru dan Kepuasan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi serta Ketercapaian Kompetensi Jaringan Dasar SiswaSMK Negeridi Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hary Suswanto S.T. M. T. (2) Aji Prasetya Wibawa S.T. M. MT. Ph. D. Kata kunci kepuasan belajar motivasi berprestasi kompetensi kinerja mengajar guru Kriteria kelulusan seorang siswa dapat dilihat dari kompetensi yang telah dicapainya. Penguasaan kompetensi siswa diukur dengan melihat bagaimana siswa tersebut melakukan tugas sesuai keahliannya. Siswa yang berkompeten dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari guru sebagai pengajar siswa sebagai pelajar dan lingkungan sebagai pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi dari beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian kompetensi siswa di SMK. Diantara faktor-faktor tersebut yang dipilih untuk diteliti adalah kinerja mengajar guru kepuasan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui kontribusi variabel kinerja mengajar guru dan kepuasan belajar siswa terhadap motivasi berprestasi sertaketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X paket keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Negeri di Kota Malang yang berjumlah 1097 siswa. Sebanyak 6 SMK dari populasi dipilih sebagai sekolah objek penelitian dengan total siswa mencapai 696. Jumlah sampel yang terpilih berdasarkan teknik proporsional random sampling adalah 232 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk siswa dan dokumentasi nilai untuk guru. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kinerja mengajar guru memiliki 13 6% kontribusi (koefisien 946 0 369) yang signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa (2) kepuasan belajar memiliki 4 9% kontribusi (koefisien 946 0 222) yang signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa (3) kinerja mengajar guru memiliki 5 7% kontribusi (koefisien 946 0 239) yang signifikan terhadap ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa (4) kepuasan belajar memiliki 10 2% kontribusi (koefisien 946 0 320) yang signifikan terhadap ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa dan (5) motivasi berprestasi memiliki 12% kontribusi (koefisien 946 0 346) yang signifikan terhadap ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61961 |
Actions (login required)
View Item |