Peningkatan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonom,i melalui model make a match di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung / Farraz Putri Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonom,i melalui model make a match di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung / Farraz Putri Febriani

Febriani, Farraz Putri (2016) Peningkatan hasil belajar IPS materi aktivitas ekonom,i melalui model make a match di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung / Farraz Putri Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriani Farraz Putri. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Make a Match di Kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dsar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran make a match hasil belajar ips Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa (1) guru masih mengalami kesulitan dalam mengaktifkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses penggalian dan penelaahan bahan pelajaran (2) guru masih menggunakan metode ceramah (3) siswa cenderung merasa bosan karena menurut mereka pembelajaran IPS dianggap tidak menarik (4) rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a Matchdalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data berupa pengumpulan data menyajikan dan mendiskripsikan data serta menarik kesimpulan. Subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas IV SDN II Aryojeding dengan jumlah 14 siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 86% meningkat menjadi 100% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 5% meningkat menjadi 78% dengan predikat baik pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap pratindakan yang semula sebesar 53 dengan ketuntasan klasikal 29% dengan predikat sangat kurang meningkat menjadi 63 2 dengan ketuntasan klasikal 36% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan rata-rata 79 3 dengan ketuntasan klasikal 86% dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Matchdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Penerapan model Make a Matchsudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah. Oleh sebab itu disarankan bagi guru agar menerapkan model pembelajaran Make a Matchdalam pembelajaran IPS agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item