Suyetno, Agus (2016) Pengembangan modul dan trainer PLC mikro berbasis kompetensi pada pembelajaran mekatronika / Agus Suyetno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suyetno Agus. 2016. Pengembangan Modul dan Trainer PLC Mikro Berbasis Kompetensi pada Pembelajaran Mekatronika. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd (II) Dr. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd. Kata kunci modul trainer PLC mikro kompetensi mekatronika. Mekatronika adalah salah satu matakuliah yang wajib ditempuh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang karena erat hubungannya dengan sistem kontrol di industri. Permasalahan yang menghambat pencapaian kompetensi mekatronika berdasarkan analisis kebutuhan (need analysis) antara lain 1) keterbatasan saranan praktikum 2) sumber belajar yang terbatas dan 3) tidak terdapat job sheet praktikum. Solusi yang dapat digunakan dari hasil analisis hasil akhir (front end analysis). Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) mengembangkan trainer PLC yang lebih sederhana dan juga dapat disimulasikan pada komputer 2) mengembangkan modul dan 3) mengembangkan job sheet sebagai sumber belajar praktikum mekatronika. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu model pengembangan yang terdiri dari tahap analysis design development implementation dan evaluation. Pada tahap analisis akan dilakukan analisis kebutuhan (need analysis) dan analisis hasil akhir (front end analysis). Pada tahap pengembangan akan dilakukan validasi ahli dan validasi pengguna. Pada tahap implementasi akan dilakukan evaluasi formatif. Sedangkan evaluasi sumatif pada tahap evaluasi tidak dilakukan karena penelitian yang akan dilakukan hanya sampai pada tahap melihat kelayakan dari media yang dikembangkan. Hasil dari validasi ahli pada tahap pengembangan media yang dikembangkan termasuk dalam tingkat yang valid dan layak digunakan (96 36%). Berdasarkan hasil validasi pengguna media yang dikembangkan termasuk dalam tingkat yang valid dan layak digunakan (90 00%). Pada tahap uji coba perorangan didapatkan hasil tes rata-rata mahasiswa adalah 86 dan hasil angket persepsi mahasiswa terhadap media adalah valid dan layak digunakan (87 62%). Pada tahap uji coba kelompok kecil didapatkan hasil tes rata-rata mahasiswa adalah 86 dan hasil angket persepsi mahasiswa terhadap media adalah valid dan layak digunakan (91 43%). Pada tahap uji coba lapangan didapatkan hasil tes rata-rata mahasiswa adalah 87 dan hasil angket persepsi mahasiswa terhadap media adalah valid dan layak digunakan (83 67%). Untuk pengembangan lebih lanjut media dapat dikembangkan agar bisa dijalankan melalui smart phone karena media yang sekarang dikembangkan hanya dapat dijalankan di komputer. Selain itu pada pengembangan selanjutnya juga dapat menggunakan Arduino dalam penggunaan trainer PLC Mikro.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |