Kontribusi kemandirian belajar dan keterampilan sosial terhadap keterampilan pemecahan masalah serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan siswa paket keahlian teknik pemesinan di Kota Makassar / Andi Muadz Palerangi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kemandirian belajar dan keterampilan sosial terhadap keterampilan pemecahan masalah serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan siswa paket keahlian teknik pemesinan di Kota Makassar / Andi Muadz Palerangi

Palerangi, Andi Muadz (2016) Kontribusi kemandirian belajar dan keterampilan sosial terhadap keterampilan pemecahan masalah serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan siswa paket keahlian teknik pemesinan di Kota Makassar / Andi Muadz Palerangi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Palerangi Muadz Andi. 2016. Kontribusi Kemandirian Belajar danKeterampilan Sosial Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Serta Dampaknya Pada Pencapaian Kompetensi Kejuruan Siswa Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di Kota Makassar. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Dr. Andoko S.T. M.T. Kata Kunci kemandirian belajar keterampilan sosial pemecahan masalah dan kompetensi kejuruan Tercapainya suatu kompetensi kejuruan merupakan indikator dari lulusan SMK yang memiliki keterampilan dan kompetitif di bidangnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan tersebut adalahkemandirian belajar keterampilan sosial dan keterampilan pemecahan masalah. Kemandirian belajardan keterampilan pemecahan masalahbertujuan untuk membentuk karakter siswa dalam menentukan sikap belajar untuk bertanggung jawab terhadap segala masalah yang ditemukanselama proses pembelajaran dan keterampilan sosialbertujuan membentuk keterampilan siswa untuk menyesuaikan diridan mampu berkomunikasi dengan baik terhadap lingkungan belajarnya dalam mencapai kompetensi kejuruan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikontribusiantara kemandirian belajar(X1) keterampilan sosial(X2) terhadap keterampilan pemecahan masalah(Y) serta dampaknya pada pencapaian kompetensi kejuruan (Z) baik kontribusi secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 178siswa kelas XIpaket keahlian teknik pemesinan diKota Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahproportional random samplingdengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa.Pengumpulan data penelitian untuk variabel kemandirian belajar(X1) keterampilan sosial(X2) danketerampilan pemecahan masalah(Y)menggunakanangket dan untuk variabel pencapaian kompetensi kejuruan (Z) dengan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa seluruh koefisien jalur signifikan sehingga hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima dengan uraian sebagai berikut (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap keterampilan pemecahan masalahsebesar 56 7%% (2)terdapat kontribusi yang signifikan antara keterampilan sosial siswa terhadap keterampilan pemecahan masalah sebesar 2 16% (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 7 67%% (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara keterampilan sosial siswa terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 4 28% (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara keterampilan pemecahan masalah siswa terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 6 50%.Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak sekolah sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61955

Actions (login required)

View Item View Item