Kontribusi peran guru program sarjana mengajar dan persepsi siswa terhadap perilaku belajar siswa serta hasil belajar produktif SMK di Jawa Timur / Riana Nurmalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi peran guru program sarjana mengajar dan persepsi siswa terhadap perilaku belajar siswa serta hasil belajar produktif SMK di Jawa Timur / Riana Nurmalasari

Nurmalasari, Riana (2016) Kontribusi peran guru program sarjana mengajar dan persepsi siswa terhadap perilaku belajar siswa serta hasil belajar produktif SMK di Jawa Timur / Riana Nurmalasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurmalasari Riana. 2016. Kontribusi Peran Guru Program Sarjana Mengajar dan Persespsi Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa serta Hasil Belajar Produktif SMK di Jawa Timur. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mardji M.Kes (II) Dr. Andoko M.T. Kata Kunci peran guru sarjana mengajar persepsi siswa perilaku belajar hasil belajar SMK. Salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah untuk mengembangkan SMK yaitu kurangnya guru produktif dan tidak meratanya sebaran guru di Indonesia. Sejak tahun 2008 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menggulirkan program sarjana mengajar dalam rangka membantu pemenuhan guru produktif di SMK yang masih berstatus sebagai sekolah USB (Unit Sekolah Baru). Pasca 8 tahun bergulirnya program sarjana mengajar di Indonesia banyak perubahan yang terjadi pada SMK. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah SMK dari tahun ke tahun serta proses pembelajaran yang semakin baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peran guru program sarjana mengajar dan persepsi siswa terhadap perilaku belajar siswa serta hasil belajar produktif SMK di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMKN 4 Bojonegoro SMKN 1 Tuban SMKN 3 Tuban SMKN 3 Boyolangu Tulungagung teknik permesinan yang berjumlah 260 siswa dengan jumlah sampel 164 siswa.. Analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Terdapat kontribusi yang signifikan peran guru program sarjana mengajar terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 13 54% dan secara tidak langsung sebesar 19 89% (2) Terdapat kontribusi yang signifikan persepsi siswa terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 13 91% dan secara tidak langsung sebesar 18 49% (3) Terdapat kontribusi yang signifikan perilaku belajar terhadap hasil belajar program keahlian teknik permesinan SMK di Jawa Timur secara langsung sebesar 5 24%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh stakeholder SMK sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61953

Actions (login required)

View Item View Item